Kolom

 

Berdamai dengan Virus Corona

Comorbiditas yang berbahaya adalah penderita TBC paru, kencing manis, penyakit jantung Ischaemic yang tidak terkontrol, dan penyakit darah tinggi yang tidak terkontrol.

Kemanusiaan yang Fitri

Esok kita menyambut datangnya hari Raya. Hari Raya yang kali ini berbeda nuansa. Kita semua merayakannya bukan dengan kemeriahan seperti biasa, namun semoga tidak akan mengurangi kegembiraan hari Raya.

Muhammad SAW, Sang Ekonom Sejati

Sistem ekonomi Islam yang dibawa beliau telah dipraktikkan dalam rekam jejak serta dite­orisasikan dalam dawuh-dawuh beliau yang telah sampai kepa­da kita.

Imam Ghazali dan Falsafah Ekonomi Islam

Perbedaan prinsip ekonomi konvensional dan ekonomi Islam terletak pada landasan filosofinya, masing-masing didasarkan atas pandangan yang berbeda.

Taat untuk Menjemput Harapan

mari menanamkan tanggung jawab untuk tidak hanya memikirkan diri sendiri, tetapi juga kesehatan orang lain, serta bersatu bahu-membahu untuk memutus mata rantai Covid-19 tersebut, agar pandemi ini berakhir secepat mungkin.

Pandemi dan Ancaman Kesejahteraan Bangsa, Masalah yang Harus Diselesaikan Bersama

Harapan dan cita-cita bangsa ini adalah kesejahteraan, hingga wabah menjadi soal yang sulit untuk diselesaikan akhir-akhir ini. Pandemi atau wabah, menjadi ancaman bagi kesejahtraan bangsa kita dan sangat meresahkan

Kasidah Burdah dan Kesehatan Mental

Menilik kembali latar belakang digubahnya lirik-lirik dalam Kasidah Burdah, yakni saat Imam Al-Bushiri mengalami sakit yang parah, kemudian dalam prosesnya yang panjang akhirnya Allah mengangkat sakitnya.

Gunakan Kecerdasan Akal dalam Beragama

Anugerah istimewa dari Sang Pencipta kepada setiap manusia adalah akal. Saya sebut sifat akal sebagai sesuatu yang istimewa karena keunggulan dan keluhuran manusia dibandingkan dengan makluk lainnya itu terletak pada kecerdasan akalnya.

Salawat Bentuk Pemuliaan dan Cinta Kita Kepada Nabi SAW

Terkadang sebagian dari kita bertanya-tanya apabila Allah Swt telah memberi rahmat dan malaikat telah memintakan ampun kepada Nabi Muhammad Saw maka untuk apa kita bersalawat kepadanya?

Perbaiki Hidup dengan Berbaik Sangka

Sebagai mahluk sosial dalam menjalani kehidupan pasti membutuhkan orang lain. Tidak Ada yang dapat hidup sendirian. Tetap membutuhkan orang lain dalam setiap kesempatan