Motivasi

 

Zuhud dan Orientasi Masa Depan

Menurut Al-Ghazali, zuhud ialah sebuah tindakan penolakan seseorang terhadap sesuatu yang digemari (dunia) demi mendapatkan sesuatu yang lebih berharga (akhirat).

Catat! Ini Pesan Para Ulama untuk Warga Nahdliyin

Nahdlatul Ulama (NU) didirikan bukan sebagai organisasi perintis kemerdekaan, melain sebagai wadah para ulama yang sanad keilmuannya tersambung sampai Rasulullah SAW. NU juga bertugas menjaga ajaran Ahlussunnah wal Jamaah agar tetap lestari, tidak tergerus oleh paham-paham wahabi, syiah, khawarij, dan sebagainya

Singgung Pihak yang Tercuci Otaknya, Ustadz Arrazy Hasyim: Bersyukur Hidup Di Negeri Kita ini

Dalam salah satu tausiyahnya, Ustadz Arrazy Hasyim mengajak para jamaah untuk mensyukuri hidup di Indonesia. “Dan Negeri kita termasuk negeri paling bebas untuk berbicara, meskipun beberapa orang memframing negeri kita ini sudah komunis, enggak,” ujar Ustadz Arrazy Hasyim

Ini Pesan Romo KH Mas Lukmanul Hakim yang Harus Diingat Santri

Pengasuh Pondok Pesantren Islam Al-Haqiqi Joyo Negoro Dresmo, Surabaya, Almarhum Al Maghfurlah Romo KH Mas Lukmanul Hakim pernah memberikan dawuh kepada santri-santri beliau. Dawuh yang sarat akan makna dan motivasi untuk menuntut ilmu

Jihad Melawan Virus

Kita seluruh masyarakat Indonesia dimana pun berada, perlu satu irama dengan pemerintah dalam upayanya memerangi wabah virus ini dengan sadar bervaksin. Vaksinasi adalah jihad bersama untuk kesehatan bersama dan keselamatan bersama.

Renungan Jumat: Upgrading dari Shalih menjadi Muslih

Orang yang baik namanya shalih, sedangkan orang yang melakukan perbaikan namanya muslih. Bedanya, shalih itu bersifat individualistik sedangkan muslih bersifat sosial kemasyarakatan.

Amalan Batin dan Amalan Lahir Syekhna Al Buty

Suatu ketika, almarhum Syekhna Al Buty membesuk salah satu sahabatnya yang baru saja dioperasi, sahabatnya itu berkata, “Saya sangat menyayangkan waktu anda yang sangat berharga harus terbuang untuk membesuk saya, karena waktu anda adalah milik umat.”

Sya’ir Anak Anung KH Muslim Rifai’i Imampuro (Mbah Liem)

Syi’ir ini berisi doa dari KH. Muslim Rifa’i Imampura kepada Allah SWT agar anak, cucu, santri dan semua yang mendarasnya menjadi pribadi yang memiliki sifat-sifat sebagaimana yang termaktub dalam isinya.

Ini Syarat dalam Menuntut Ilmu

Dalam kitab Ta'lim Al -Muta'alim, Syaikh Az-Zarnuji menuliskan sebuah syair dari Sayyidina ‘Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu, dua bait syair yang artinya, “Ingatlah! engkau tidak akan mendapatkan ilmu kecuali dengan memenuhi enam syarat.”

Belajar Ikhlas Beribadah dari Syeikh Abdul Aziz Ad-Dabagh

“Wahai Abdul Aziz untuk apa engkau ibadah sampai segitunya sedangkan aku melihat namamu di lembaran lauhil mahfudz engkau adalah penghuni neraka. Mau ibadah gimana pun engkau tetap akan masuk neraka,” kata malaikat itu.