Artikel

 

Ziarah Makam KH. Ahmad Djazuli Utsman, Pendiri Pondok pesantren Al-Falah Ploso

KH. Mas’ud yang kemudian dikenal dengan KH. Ahmad Djazuli Utsman ini merupakan sosok yang sangat haus akan ilmu, sejak kecil beliau tak pernah Lelah untuk belajar.

Etos Kerja Kaum Beriman

Suatu ketika, Rasulullah sedang duduk bersama para sahabat. Tiba-tiba ada seorang pemuda bertubuh tegap dan gagah lewat, tampaknya dia hendak bekerja.

Peran Teknologi Informasi dan Aplikasi Myob untuk Perusahaan

Revolusi Industri 4.0 merupakan penggabungan antara teknologi siber dan teknologi otomatisasi, revolusi ini dikenal juga dengan istilah “cyber physical system”.

Ini Bedanya Orang Bodoh dan Orang Cerdas

Di akhir zaman ini, lebih sulit menemukan orang yang benar-benar cerdas ketimbang orang bodoh

Kisah KH. Abdul Karim Hasyim, Ngaji pada Mbah Muttamakkin Kajen

KH. Abdul Majid atau yang sering dikenal dengan KH. Abdul Karim Hasyim adalah salah satu mantan pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang.

Rahasia Sukses Nyantri ala Sahabat Anas ibn Malik

Kedekatanya dengan Rasululullah juga menjadikannya sahabat sekaligus murid tercerdasnya Rasulullah SAW. Ia menjadi sahabat ketiga yang paling banyak meriwayatkan hadis

Makna Telinga yang Berdenging

Hampir semua orang pernah merasakan telinganya baik yang kanan maupun yang kiri berdenging, sebagai firasat atau sebuah indikasi yang menunjukan sesuatu yang bakal terjadi.

Kisah Ayam yang Sombong Berakhir Celaka

Di sebuah peternakan, tinggalah dua ekor ayam jantan. Mereka menjadi pejantan untuk semua ayam betina yang ada di peternakan itu. Tapi sayangnya, ayam jantan yang satunya selalu bersikap serakah.

Adab Memilih Bahasa dalam Menyampaikan Ilmu

Waktu saya masih nyantri di pondok. saat kegiatan Bahtsul Masail (BM), sering kali bahkan hampir semuanya para musyawirin menggunakan kata "kami" dari pada "saya" ketika menyampaikan pendapatnya