Artikel

 

Urgensi Muthola’ah, Khidmah dan Kirim Hadiah Fatihah Kepada Guru

Di samping itu jangan bosan mengulang-ngulangnya walaupun kitabnya hanya satu. Sebab jika rajin mutholaah dengan berkah mu’allif, insya Alloh difutuh (dibuka) oleh Allah SWT

Kosong Adalah Berisi, dan Berisi Adalah Kosong

Kalau anda pernah mendengar kalimat di atas, kemungkinan besar anda dulu suka lihat serial Kera Sakti di TV. Itu adalah ucapan Biksu Tong Sam Cong yang terkenal. Kekosongan hati dari hal-hal buruk adalah tanda bahwa hati itu berisi hal-hal baik, dan begitu pula sebaliknya. Kira-kira begitu makna singkatnya.

Doa Terakhir al-Hallaj

Husein Manshur al Hallaj (w. 922 M) adalah tokoh sufi falsafi legendaries dan sangat fenomenal. Ia oleh sejumlah ulama fiqh dipandang sebagai seorang “kafir zindiq”.Setereotipe ini gara-gara ucapan-ucapannya yang mengandung unsur “pantheistik”, atau dalam bahasa Jawa dikenal sebagai “manunggaling kawula lan Gusti”

Gus Yahya: Sengit Ndulit, Gething Nyanding

Mengapa membenci? Itu lebih merupakan pertanyaan filsafat ketimbang psikologi. Kenapa?

Sejumlah Aktivitas Pemicu Kanker

Diketahui, kanker merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan mematikan. Penyakit ini terbentuk karena adanya jaringan abnormal serta karsinogenik yang sering merusak jaringan tubuh lainnya.

Istana dari Zaman Perunggu Muncul di Waduk Mosul Irak

Sebuah istana muncul di waduk Mosul Irak ketika air di waduk tersebut mengering. Seperti apa istana itu?

Dzat Allah Maksudnya Apa? (Kajian Akidah)

Pertanyaan di atas sederhana sekali tapi banyak juga orang awam yang salah paham, utamanya yang sama sekali tak pernah belajar agama secara memadai tetapi hanya fokus di ilmu-ilmu umum.

Menghafal Versus Menalar (Seri 5-Habis)

Hikam (kebijaksanaan) dan "Asrar" (yang tersembunyi/rahasia-rahasia) tentu saja adalah hal-hal yang terdalam, yang substantif dan yang rasional, bukan yang formal, yang kulit dan yang tekstual.

Ternyata Jahe Dapat Menurunkan Potensi Hipertensi

Jahe disebut dapat menurunkan tekanan darah dengan mencegah pembentukan gumpalan darah pada arteri dan pembuluh darah. Hasil dari itu, aliran darah pada sistem peredaran akan lancar dan terhindar dari faktor risiko hipertensi.

Cara-cara Mencegah Penyakit Pernafasan Akibat Udara Buruk

Kesehatan terancam karena kualitas udara yang buruk. Polusi udara dapat menimbulkan beragam penyakit terutama yang berhubungan dengan sistem pernapasan.