Artikel

 

Pengurus PCI NU Ini Raih Predikat Tertinggi Sidang Doktoral di Universitas Al-Azhar Kairo

Putra daerah Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung ini berhasil meraih predikat cemerlang dalam sidang doctoral.

Uwais Al Qarni Gendong Ibunya Naik Haji

Pemuda Uwais Al Qarni dari Yaman tinggal berdua dengan ibunya yang sudah tua renta,  lumpuh dan buta.

Menjawab atau Mengacuhkan?

Hari ini tahun lalu aku menulis ini di linimasa ini. Judulnya "Kayu Gaharu". Aku ingin mengulangnya sambil menambahi dan mengubah judulnya menjadi : "Menjawab atau Mengacuhkan".

Ustaz Ma'ruf Khozin: Siapa yang Memberi Air di Dalam Buah?

 Jika Anda pernah menjadi orang kampung tentu tahu bahwa padi ketika ditanam memerlukan banyak air di sawah, termasuk dari air hujan. Ketika panen dan digiling ternyata padi ini tidak ada airnya sama sekali. Cara memakannya pun masih harus dicampur dengan air.

Urgensi Menjaga Lisan dan Ucapan

Dengan hanya mengandalkan jari-jari dan jempol, seseorang bisa dengan mudah mengungkapkan perasaan amarahnya, yang sering kebablasan. Yang mereka lakukan bukan kritik terhadap penguasa, tetapi malah caci maki dan anca­man yang jelas-jelas sudah ada Undang-Undangnya.

Bendera Alam Peudeung dalam Perspektif Sejarah Aceh

Maka tidak heran, bendera resmi kerajaan Aceh adalah dasar merah dengan bulan bintang di tengah sebagai simbol Islam sama seperti Turki dan ini juga menunjukkan bahwa kerajaan Aceh berlandaskan Alquran dan Alhadist

Ajwibah Muskitah: Seni Menjawab Ala Sastrawan Arab

Suatu hari, Sibawaih (w. 796 M) berdebat dengan gurunya Kholil bin Ahmad al-Farohidi (w. 791) tentang masalah isim makrifat (semacam article dlm Bs. Inggris). Kholil beranggapan bahwa kata ganti (isim dlamir) adalah kata yang paling makrifat sedangkan di sisi lain Sibawaih beranggapan kata yang paling makrifat adalah nama (isim alam)

GusMus dan Kisah Proposal Untuk Pejabat

Abahmu pernah rasan-rasan, kepingin merenovasi langggar”, kata paman saya, Kyai Mustofa Bisri, “tapi sampai meninggalnya belum kesampaian

Keluarga Pilihan dalam Al-Quran

Sesungguhnya Allah telah memilih Adam, Nuh, keluarga Ibrahim dan keluarga Imran melebihi segala umat (di masa mereka masing-masing)

Kisah Almarhum Sutopo Hadapi Ujian Hidup Hingga Jadi Orang Berpengaruh di Asia

Mengisnpirasi Dunia, kisah Pak Topo panggilan akrab dari Sutopo Purwo Nugroho adalah seorang Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat di BNPB.