Artikel

 

Memperkenalkan Kembali Open Source kepada Generasi Milenial (II)

Open source adalah sistem pengembangan software yang source code (kode sumber) programnya tidak dikuasai oleh individu maupun lembaga secara terpusat. Pengembangan software dilakukan banyak orang yang bekerja sama dengan memanfaatkan source code yang sebelumnya telah di share (dibagi) yang tersebar dan tersedia di ruang penyimpanan online di internet.

Memperkenalkan Kembali Open Source kepada Generasi Milenial (I)

Open source sebetulnya bukan hal asing di Indonesia. Sudah ada jauh sebelum penulis mengenalnya sekitar 2002 saat bergabung sebagai seorang technical support di departemen IT sebuah perusahaan swasta nasional. Saat itu penulis mengenalnya dari sebuah majalah yang khusus membahas Linux, sebuah operating system selain Microsoft Windows ataupun Mac.

Ustaz Ma'ruf Khozin : Perbedaan Resepsi Khitan, Resepsi Nikah dan Haji.

Abu Hurairah berkata: Walimah / resepsi pernikahan adalah kewajiban dan sesuai Sunnah. Barang siapa diundang namun tidak datang maka ia telah berbuat maksiat kepada Allah dan Rasul-Nya. Resepsi khars, i'dzar dan Taukir, maka anda boleh memilih.

Belajar Kesabaran dari Kisah Nabi Ayub

Ini adalah sebuah kisah hikmah tentang kesabaran yang diajarkan dari kisah Nabi Ayub. Simak kisahnya di sini...

Belajar Kepemimpinan dari Umar Bin Abdul Aziz

Umar bin Abd al-Aziz adalah pemimpin kaum muslimin. Seperti moyangnya Umar ibn Al- Khattab, ia lebih senang dipanggil "Amir al-Mukminin", pelayan orang-orang beriman. Ia seorang pemimpin yang adil dan sukses melakukan reformasi. Banyak orang menyebutnya sebagai "khalifah yang ke lima yang memeroleh bimbingan Allah".

Bupati Aceh Besar: Festival Dalail Khairat Diperlombakan Tiap Tahun

Bupati Aceh Besar Ir. Mawardi Ali meminta agar kegiatan Dalail Khairat di Aceh Besar dilaksanakan setiap tahun, yang nantinya akan memperebutkan piala Bupati Aceh Besar.

Belajar Ikhlas dari Habib Jakfar Alkaff Kudus

Kisah ini adalah pelajaran dari Habib Jakfar Alkaff Kudus tentang keikhlasan. Simak kisahnya di sini...

Rezeki Orang Tua Lancar setelah Anak Masuk Pesantren

Orang tuanya tidak bekerja, serabutanlah, terus anak pertama dikirim ke pesantren Ploso, lho, kok rizqi jadi mudah. Anak kedua dipesantrenin lagi ke Sarang, malah tambah mudah rizqinya

Menjemput Kemenangan dalam Kematian

Mudah-mudahan, dibalik kematian yang terjadi, setiap yang ditinggal hatinya berlapang dada dan diberi ketenangan serta kemenangan dengan kepergian orang tercinta dan yang meninggal telah membawa amal-amal kebajikan sebagai kemenangan yang membawa predikat diri sebagai hamba yang husnul khotimah. Amin ya Rabb.

Enam Kemuliaan Mengunjungi Ulama

Dikatakan bahwa seseorang yang telah sampai kepada orang yang alim dan duduk bersamanya tetapi dia tidak mampu menghafalakan ilmu, maka orang tersebut mendapatkan oleh  Allah memuliakannya dengan enam kemuliaan yang lainnya