Hikmah

 

Habib Ali Al-Jufri: Kalau Sudah Minta Maaf, Kita Mau Apa Lagi?

Habib Ali bin Abdurrahman Al-Jufri akhirnya menanggapi polemik yang menimpa Gus Muwafiq. Hal ini dituturkan saat salah seorang yang hadir menanyakannya pada Habib Ali Al-Jufri dalam pertemuan diskusi terbatas

Akhlak Orang Berilmu dalam Meneyelesaikan Perbedaan Pendapat

Dikisahkan bahwa Yunus bin Abdi Al-'Ala, berselisih pendapat dengan sang guru, Al-Imam Muhammad bin Idris As-Syafi'i saat beliau mengajar di Masjid. Hal ini membuat Yunus bangkit dan meninggalkan majelis dalam keadaan marah.

Makna Mimpi Bertemu Seorang Guru Menurut Abah Guru Sekumpul

Apabila engkau bermimpi seorang guru yang engkau kenal. Guru itu memberikan nasihat kepada engkau di dalam mimpi tadi, maka laksanakanlah.

Indahnya Akhlak Rasulullah yang Diturunkan pada Pewaris Ilmu dan Adab

Indahnya akhlak Rasulullah yang diturunkan kepada para pewaris ilmu dan adab. Beliaulah Al Habib Ali Zainal Abidin bin Abdurrahman Al Jufri dan KH. Anwar Manshur, Pengasuh Ponpes Lirboyo.

Mimpi Gusdur Tentang Gus Muwafiq yang Menjadi Kenyataan

Ketika Gus Dur masih menjadi Ketua Umum PBNU, KH. Hasyim Asy'ari menemui dalam sebuah mimpi untuk membentuk sebuah badan khusus warga NU agar bisa berperan aktif dalam arena politik praktis.

Kuatkan Kebenaran Ceramah Gus Muwafiq, Ini Penjelasan Ilmiah Santri Annuqayah

Namun beliau tetap minta maaf sebagai wujud kerendahan hatinya. Kita meributkan soal agama, karena kebodohan kita sendiri, ilmu kita dangkal, ngajinya baru tarikh terjemahan, tapi berani menghakimi kiai

Belajar dari Guru Ngaji Tentang Cara Mensyukuri Hidup

Ketika buruh ribut demo, guru ngaji tetap diam. Ketika guru ASN dapat ini itu, guru ngaji tetap diam.

Kisah Pembuat Film Hina Rasulullah yang Kini Jadi Pendakwah di Jalan Allah

Inilah yang berlaku kepada Arnoud van Doorn, ahli politik dari Belanda yang pernah menghasilkan film kontroversi bertajuk Fitna – film pendek berdurasi 17 menit yang mengaitkan ajaran Islam dengan keganasan.

Kisah Ketika Gus Miek Melobi Malaikat Izrail

Salah satu putra Kiai Ahmad Siddiq pergi mencari Gus Miek untuk mengabarkan keadaan orang tuanya. Setelah bertemu Gus Miek di Ampel Surabaya, maka putra Kiai Ahmad Siddiq bercerita kepada Gus Miek.

Belajar Kezuhudan dari Imam Hasan Al Basri

Suatu kali, Imam Hasan Al Basri ditanya sahabat nya, Apa rahasia zuhudmu didunia ini?