Islam Nusantara

 

Mengingat Kelahiran Nabi Muhammad SAW dengan Membaca Barzanji

Pada umumnya, hari kelahiran Nabi Muhammad SAW disebut Mawlid, sebuah istilah kata yang juga sering berarti peringatan-peringatan yang diselenggarakan pada hari kelahiran Nabi Muhammad, tanggal 12 Rabiul Awwal.

Bedug Sebagai Alat untuk Menyampaikan Informasi Penanda Waktu Sholat Bagi Umat Islam

Bedug merupakan sebuah alat yang terbuat dari batang kayu yang berdiameter lebar dengan lubang pada bagian tengahnya sehingga membentuk tabung dan kedua sisinya ditutup menggunakan kulit binatang seperti kulit kerbau, kulit sapi atau kulit kambing yang sudah dikeringkan yang berfungsi sebagai membran.

Barikan Sebagai Penangkal Bencana yang Sudah Menjadi Tradisi di Nusantara

Barikan atau bari’an sendiri berasal dari kata bahasa Arab baro’a, yubarri’u, bara’atan/ bari’an yang berarti bebas (al-Marbawi, t.th: 45). Dalam hal ini yang dimaksud dengan bebas adalah bebas dari barbagai marabahaya, wabah penyakit, malapetaka, marabahaya, dan balak yang ada.

Ini Pandangan Islam Nusantara dari Rektor Universitas Ez-Zitounah Tunisia

"Saksikan wahai saudara sekalian, bahwa kami bersepakat (tentang Islam Nusantara)," kata Syekh Hichem.

Bancakan Sebagai Tradisi Nusantara yang Perlu Dilestarikan

Sejalan dengan terus bergeraknya peradaban menuju arah modernisasi dan globalisasi, masih ada sisa-sisa tradisi budaya di Nusantara yang masih diuriuri oleh sebagian masyarakat kita. Salah satu tradisi budaya yang menarik perhatian adalah tradisi budaya lokal Jawa yang berhubungan dengan ‘keselamatan’ dalam konsep hidup manusia Jawa.

Bakiak Ini Mampu Menjatuhkan Pesawat Penjajah Belanda

Bahkan bagi Kiai Abbas Buntet pengasuh pesantren Buntet di Cirebon, bakiak tidak hanya menjadi simbol perlawanan tetapi menjadi alat perlawanan menghadapi kolonialisme di Indonesia. Dengan bakiak Kiai Abbas berhasil mengkoordinasi para pejuang di Surabaya untuk mengusir dan menjatuhkan pesawatpesawat penjajah belanda.

Menjawab Salam pada Muslim dan Non-Muslim, Begini Menurut Syeikh Nawawi

Semua ada adabnya, termasuk menjawab salam pada muslim dan non-muslim. Seperti apa itu?

Inilah Pengertian "Babad" Dalam Sejarah Nusantara

Babad secara etimologis berasal dari bahasa Jawa yang berarti “buka, tebang, sejarah, riwayat,”. (Prawiroatmodjo, 1980: 2). Selaras dengan Mangunsuwito (2002: 303) babad juga dapat dimaknai sebagai “hikayat, sejarah, cerita tentang peristiwa yang sudah terjadi”

ISNU Jatim Lantik Intelektual NU di Tiga Kota dalam Sehari

PW ISNU Jatim lantik pengurus di 3 kota dalam sehari. Bagaimana acara berlangsung?

Pencipta Sholawat Badar adalah Kiai NU Alumni Lirboyo

Kalangan NU pasti tahu dan akrab dengan Shalawat Badar, yang diciptkan kiai NU. Siapa beliau?

Menampilkan 451 - 460 dari 567 Islam Nusantara