Islam Nusantara

 

Ali Hasjmy #14: Sosok Ulama, Budayawan dan Tokoh Lintas Jenjang

Tahun 1969 menjadi Ketua Lembaga Sejarah Aceh. Di bawah asuhan neneknya ia bersekolah di Montasik pada sekolah Belanda Government Inlandsche School, sekolah dasar lima tahun. Sore hari ia belajar di sekolah agama semacam pesantren yang disebut dayah, dan malam hari meneruskan belajar agama di meunasah.

Ali Hasjmy #11: Ulama Sederat Bintang Jasa Nusantara dan Dunia

 Semua tanda jasa dan penghargaan dimaksud dapat dilihat dalam keterangan berikut, dan mengenai jenis tanda jasa atau penghargaan dimaksud dapat dilihat dalam keterangan berikut, dan mengenai jenis keterangan berikut, dan mengenai jenis tanda jasa atau penghargaan dimaksud dapat dilihat dalam keterangan berikut, diantara penghargaan dan tanda jasa tersebut adalah :

Nadham Lam Yahtalim dan Sumber Rujukannya

Nyang siploh nyoe sifeut nabi beutaturi he saudara So nyang hafai nyang siploh nyoe tutong karam tuhan peulara.

Ketika Rahasia Kewalian KH Hamid Pasuruan Ditanyakan KH Ali Maksum

Ketika sama-sama nyantri di Pondok Tremas Pacitan dan mendapati keadaan yang berbeda, karena saking akrabnya, Simbah KH. Ali Maksum rahimahullah bertanya kepada Allahuyarham KH. Abdul Hamid Pasuruan.

Meneguhkan Keunggulan Tafaqquh Fiddin Madrasah

Berbagai perspektif tentang keunggulan dalam dunia pendidikan, telah membawa pada pertanyaan tentang apa keunggulan madrasah?, apa prestasi madrasah?, capaian UN kah?, juara atas lomba science kah?, ataukah justru semua itu hanya keunggulan sementara, untuk memperkaya keunggulan utama madrasah. Ataukah sejatinya

Tirakat Keramat, "Tirakatmu Menentukan Masa Depan Suamimu"

LADUNI.ID, Jakarta - Ketika mendengar kata “tirakat”, ada sebagian orang, kelompok, jamaah, yang secara otomatis menyorotkan LCD otaknya pada kanvas “devinisi”.

Tidak Terhitung, Inilah Karomah Sulthonul Auliya' Syaikh Abul Hasan Asy-Syadziliy ra

Sulthonul Auliya' Syaikh Abul Hasan Asy Syadziliy ra adalah seorang yang dianugerahi karomah yang sangat banyak, tidak ada yang bisa menghitung karomahnya, kecuali Allah SWT. Adapun sebagian dari karomah beliau antara lain adalah:

Cahaya di Masjidil Haram, Kisah Karomah Syekh Abdul Muhyi Pamijahan

Suatu saat sekitar waktu ashar di Masjidil Haram tiba-tiba ada cahaya yang langsung menuju Abdul Muhyi dan hal itu diketahui oleh gurunya Syekh Abdul Rauf sebagai tanda-tanda tersebut. Setelah itu, Syekh Abdul Rauf...

Inilah Asal-usul Shalawat Asyghil atau Shalawat 'Mlipir'

Shalawat ini sempat ngetren di era Orde Baru, khususnya di Jakarta. Dipopulerkan oleh radio milik Yayasan Pesantren As-Syafi'iyyah yang diasuh ulama besar Betawi, almarhum KH Abdullah Syafi'i (wafat 1406 H).

Merokok di Dalam Air, Inilah Kisah Karomah Mbah Mahrus Lirboyo

LADUNI.ID, Jakarta – Alkisah, suatu waktu gegara sopirnya ngantuk, pernah KH. Mahrus Ali bin Ali Lirboyo bersama mobilnya kecebur dan tenggelam di tengah Bengawan Solo , Sembayat Gresik.

Menampilkan 481 - 490 dari 567 Islam Nusantara