Santri Goes to Papua

 

Upaya Menghasilkan Ustadz Asli Papua: Sowan ke Ulama sebelum Menimba Ilmu di Pesantren

Semoga keduanya senantiasa rajin dan tidak menyia-nyiakan sedikit pun waktu selama belajar di pondok pesantren Raudlatut Thalibin, Leteh, Rembang.

Tradisi Selamatan Muslim Kokoda untuk Keberangkatan 2 Anak Mondok di Jawa

Selamatan merupakan salah satu tradisi muslim suku Kokoda sebagaimana Tahlilan, Maulidan dan sejenisnya. Dan malam selepas Isya', waktu diselenggarakan acara sebagaimana yang diberitahukan pada saya sebelumnya, di rumah bapak Imam Hamzah Edoba masih lengang ketika saya datang

Madin Aktif: Tahun Baru, Semangat Baru

Minggu malam Senin, 23 Juni 2019, Madin Al-Ibriz Iru Nigeiyah mulai aktif kembali. Sebagai pembuka, kegiatannya adalah Tahlilan dan mengirim hadiah Al-Fatihah untuk ahli qubur para santri, para guru serta para donatur yang telah membantu Madin selama ini

Upaya Menghasilkan Ustadz Asli Papua: Pembekalan Dua Anak yang Akan Mondok ke Jawa

Selain menggembleng mental, satu hal lagi yang saya kira perlu diberikan kepada dua anak yang akan dikirim mondok ke Jawa adalah mengajari keduanya beberapa kosakata bahasa Jawa.

Upaya Menghasilkan Ustadz Asli Papua: "Ajam: Insya Alloh Keinginan yang Tertunda"

Sudah tahun lalu sebenarnya saya ingin sekali supaya Ajam bisa mondok sekaligus melanjutkan pendidikan tingkat menengahnya di Jawa.

Idul Fitri: Belajar Toleransi dari Papua

sebagai mayoritas kita harus menghargai, menghormati dan yang paling penting memberikan ruang ekspresi bagi yang minoritas.

Upaya Menghasilkan Ustadz Asli Papua: "Irwan Tofir Goes To Java"

Saat ini anak pertama dari empat bersaudara itu tengah harap-harap cemas menanti pengumuman nilai hasil Ujian Akhir Nasional-nya (UAN).

Inilah Sholat Tarawih di Suku Asli Papua, Suku Kokoda

Jumlah roka'at sholat Tarowih yang diselenggarakan di masjid komplek masyarakat suku Kokoda ini adalah 20 roka'at dengan sekali salam di tiap 2 roka'atnya

Kisah Upaya Jihad Ilmu dari Papua ke Jawa

Kurang lebih sudah sejak abad ke-15 M., Islam masuk di tanah Papua. Di sepanjang pesisir barat dan selatan pulau Cendrawasih itu, para da'i banyak mengislamkan masyarakat setempat kala itu. Termasuk masyarakat suku Kokoda.

Pendakwah Awal Islam di Kokoda Ternyata Penganut Thoriqoh Qodiriyyah

Dan bila ditelisik lagi, apabila benar bahwa syair itu sudah dilantunkan oleh orang-orang tua mereka sejak dari dulu (orang-orang suku Kokoda awal yang memeluk Islam) setiap kali selesai melaksanakan sholat Tarowih,

Menampilkan 41 - 50 dari 76 Santri Goes to Papua