Kolom

 

Rubaiyat Al Khayyam dalam Senandung Umi Kultsum

Omar Al-Khayyam adalah seorang matematikawan, astronom dan filsuf. Lahir 18 Mei 1048 di Naisabur, Timur Laut Persia. Lebih dari seorang saintis, ia adalah penyair besar dan sufi. Kumpulan Puisinya yang terkenal Rubaiyyat.

Manusia Terbagi Menjadi 4 Golongan

Syeikh Abdul Qodir al-Jailani Qaddasa Sirruhu, dalam kitab Sirru al-Asror wa Mudhiru al-Anwar fima Yahtaju ilahi al-Abrar berkata bahwa manusia itu terbagi empat golongan

Gus Nadir: Kembali ke Titik Nol (bagian 3)

Dalam Hikmah Kung Fu Panda (1), kami ceritakan bagaimana Po tanpa terduga terpilih menjadi Dragon Warrior. Po menjelma dari zero menjadi hero namun kembali menjadi zero. Po belajar bahwa rahasia tertinggi kehidupan adalah kertas putih yang kosong. Kembali kepada fitrah kemanusiaan kita.

Gus Nadir: Kembali ke Titik Nol (bagian 2)

Po ditahbiskan sebagai The Dragon Warrior. Tugasnya melindungi orang-orang kampung agar kehidupan berjalan dengan damai. Tapi bagaimana dia bisa menjaga perdamaian kalau dia belum bisa berdamai dengan masa lalunya. Inilah episode kedua mencari jati diri yang disajikan dalam Kung Fu Panda.

Segerakanlah Taubatmu

Seorang manusia yang lalai akan semua peraturan yang Allah tetapkan, akan jauh dari kebahagiaan yang Allah SWT inginkan, berpaling dari semua kewajiban, berenang dalam sebuah kesalahan, hingga bangga dan senang dengan semua yang ia lakukan tanpa menilai sisi positif dan negatif dari perbuatan tersebut.

Kisah Rhythm: Sisi Gelap Manusia Atas Hasrat

Seorang seniman bernama Marina Abramovic asal Yugoslavia, pada tahun 1974 melakukan sebuah pertunjukkan seni berjudul 'Rhythm 0'. Eksperimen ini dilakukan dengan cara Abramovic diam seperti patung selama 6 jam dan membiarkan audience melakukan hal apa pun yang mereka inginkan terhadapnya.

Gus Nadir: Kembali ke Titik Nol (bagian 1)

Ingat film Kungfu Panda? PO (pemeran utama dalam film tersebut) tidak disangka-sangka ditahbiskan sebagai the Dragon Warrior oleh Grand Master Oogway. Po tidak punya background kungfu sama sekali. Bagi yang lain penunjukkan ini sebuah kesalahan. Bagi sang Grand Master, penunjukkan ini kehendak langit dan akan ada rahasia tersendiri di kemudian hari.

Potongan Rambut dan Potongan Pikiran

Menjadi berdikari dalam bersikap atau bahkan menjadi “adil sejak dalam pikiran” seperti ujaran terkenal dari Pramoedya Ananta Toer itu, terkadang bisa dilihat dan dimulai dari hal yang sangat sederhana. Ya, bisa dimulai dari hal yang sangat sepele sekali seperti pemilihan gaya rambut.

Ganti-Ganti Istilah Pembatasan Kegiatan Sosial, Masyarakat bingung

Laduni.ID Jakarta - Pemerintah menetapkan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat darurat (PPKM darurat) berlaku di Jawa-Bali mulai 3 sampai 20 Juli 2021

KH Husein Muhammad: Gus Mus Katakan Mereka itu Manusia Egois

Hampir setiap hari kita mendengar, membaca dan menyaksikan dengan mata kepala kematian manusia; keluarga, kekasih, teman sahabat, dan lain-lain. Kematian yang banyak itu, berdasarkan analisis medis, sebagian besar akibat terinfeksi virus misterius bernama Covid-19. Belakangan jumlahnya makin banyak. Rumah sakit penuh dan tak lagi bisa menampung korban virus mematikan itu.