Pesantren (Dayah) MUDI Mesra, Aceh

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD0 MTS/SMP2
MA/SMA0 Maly/Univ.1
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren (Dayah) MUDI Mesra, Aceh

PROFIL

Pesantren (Dayah) Ma’hadal Ulum Diniyah Islamiyah Mesjid Raya (MUDI Mesra) berlokasi di Desa Mideun Jok Kemukiman Mesjid Raya, Kecamatan Samalanga, Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh. Dayah MUDI sangat identik dengan Mesjid Raya Samalanga, itu karena pendidikan dayah MUDI Mesjid Raya ini pada awal  mulanya  berpusat di Mesjid. Sejarah mencatat, Peletakan  batu pertama pembangunan Masjid ini dilakukan oleh Sultan Iskandar Muda (1607-1636 M). Mesjid Raya Samalanga merupakan salah satu Mesjid tertua di Aceh selayaknya Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. Mesjid Raya Samalanga lah yang menjadi cikal bakal lahirnya dayah MUDI. Mesjid ini bernama Mesjid Raya Po Teumeureuhom Samalanga.

Konon, cerita mutawatir yang turun-temurun dan masyhur di kalangan masyarakat, kegiatan beut-seuemeubeut (belajar-mengajar) telah ada di Mesjid Raya Samalanga sejak masa Sultan Iskandar Muda. Saat itu hanya ada satu Mesjid mulai dari daerah Peudada, Peulimbang, Jeunieb, Meureudu, Pante Raja dan daerah lain sekitarnya, sehingga orang-orang di daerah tersebut mendirikan shalat Jumat di Mesjid Raya Samalanga, mereka berangkat pada hari kamis dan malamnya menginap di seputar Mesjid Raya Samalanga.

Pada malam hari Jumat, bersama-sama dengan masyarakat sekitar mereka mengikuti pengajian dengan Imam Besar Mesjid yang ditunjuk Ulee Balang (Raja Samalanga). Ulee Balang atau raja pertama Samalanga adalah Tun Sri Lanang (1613-1659) dan Imam besar pertama Mesjid Raya Samalanga adalah Faqeh Abdul Ghani.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.