Kiai Muda NU Raih Gelar Doktor Bidang Antropologi

 
Kiai Muda NU Raih Gelar Doktor Bidang Antropologi

 Mohammad Fathi Royyani, kiai muda dari pesantren buntet Cirebon adalah cucu KH Abdullah Abbas meraih gelar doctor di UI,dengan disertasi yang menggugah kesadaran kita bahwa binatang juga aktor yang punya hak sama dialam ini.  

Disertasi berjudul “Cagar Biosfer: Perubahan Status Kawasan, Relasi Sosial dan Relasi Manusia-Alam dalam Isu Konservasi” tersebut mengantarkan Fathi mendapatkan predikat sangat memuaskan.

“Alhamdulillah, setelah proses yang panjang, akhirnya selesai juga,” ujar Fathi usai mengikuti Sidang Terbuka Senat Akademik UI Promosi Doktor atas nama dirinya.

Fathi merupakan putra dari KH Muhammad Sholeh Bakri dan Ny Hj Masruroh. Ia menikah dengan Solikha Fitriyani, putri dari KH Fakhruddin Mulyono BK dan Nyai Hj Munawwaroh. Cucu Kyai Abbas bin Abdul Jamil, Buntet Pesantren ini kini memiliki tiga orang putri dan satu orang putra.

Dia menghabiskan masa studi menengahnya di Pondok Buntet Pesantren, tepatnya di Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama (MTs NU) Putra dan 

Dia menghabiskan masa studi menengahnya di Pondok Buntet Pesantren, tepatnya di Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama (MTs NU) Putra dan Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama (MA NU) Putra Buntet Pesantren. Fathi kemudian melanjutkan studinya di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syarif Hidayatullah Jakarta (sekarang UIN Jakarta) pada jurusan Sejarah Kebudayaan Islam. Setelah itu, dia melanjutkan studi magisternya pada program studi Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UI yang diselesaikan pada 2004. Di fakultas yang sama inilah dia menyelesaikan studi doktoralnya.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN