Ulang Tahun, Sutopo Mendapat Ucapan Selamat dari Ketua PBNU

 
Ulang Tahun, Sutopo Mendapat Ucapan Selamat dari Ketua PBNU

LADUNI.ID, Jakarta - Ucapan selamat mengalir kepada pria kelahiran Boyolali, 7 Oktober 1969 yang hari ini berulang tahun. Adalah Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana). Sosoknya yang menginspirasi ini membuat Sutopo dibanjiri doa dan ucapan selamat ulang tahun, termasuk dari Ketua PBNU dan Ketua Pengurus Harian TanfidIiyah PBNU Robikin Emhas.

Tak hanya menyampaikan selamat ulang tahun, Robikin Emhas menuliskan kesan atas sosok Pak Sutopo yang menginspirasi. Berikut ucapan lengkapnya:


Sutopo Purwo Nugroho. Itulah nama lengkap sosok yang sehari-hari akrab dengan panggilan Sutopo. Pria terlahir dari suami-istri Suharsono Harsosaputro-Sri Roosmandari ini cukup menginspirasi. Menempatkan derita orang lain di atas derita diri.

Betapa tidak. Ia yang didera kanker paru stadium 4 ini seakan tak peduli, tetap abdikan diri. Selalu memberi informasi saat bencana terjadi, melayani masyarakat terdampak bencana sepenuh hati. Bukan semata karena mengemban jabatan Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Namun filosofi hidup yang dipedomani. “Hidup itu bukan soal panjang pendeknya usia, tapi seberapa besar kita dapat membantu orang lain,” ujar lulusan terbaik UGM tahun 1994 seperti dikutip Presiden Jokowi.

Pria kelahiran 7 Oktober yang hari ini genap berusia 49 tahun itu memiliki filosofi hidup melalui proses penempaan diri dan edukasi. Maklum, alumni IPB untuk gelar magister dan doktoral ini sedari muda memang mengutamakan pendidikan, edukasi. Hidup serba kekurangan materi tak menyurutkan diri. Status juara SMP, SMA hingga mahasiswa berprestasi pun ia raih. Pria satu istri dan dua anak kelahiran Boyolali Jawa Tengah ini mengatakan, Bukan karena saya pintar dan cerdas, melainkan karena tekun belajar.

Hidup bukan soal panjang pendeknya usia, tapi seberapa besar dapat membantu orang lain. Ungkapan itu senafas hadits nabi, khairu an-nas anfa’uhum li an-nas. Sebaik-baik manusia adalah mereka yang memberi kontribusi terbaik bagi sesama.

Selamat Ulang Tahun, Pak Sutopo. Terus lupakan derita diri dan mengabdi. Ibu Pertiwi tersenyum karena mu.

Salam,

Robikin Emhas

Ketua Pengurus Harian TanfidIiyah PBNU


Sehari sebelum berulang tahun, Sutopo bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor. Jokowi merupakan sosok yang dikagumi Sutopo. "Sosok pemimpin yang unik, selalu berpikir diferensiasi, berbeda dengan yang lain", ujarnya.

Sakit kanker paru stadium IV yang diidapnya, tak menyurutkan semangat untuk melayani sebagai aparatur sipil negara.

Dalam cuitan akun twitter pribadi @Sutopo_PN ia menulis, "Hari ini 49 tahun usia saya. Begitu banyak ucapan dan doa diberikan untuk saya. Terima kasih banyak. Ucapan dan doa itu membuat saya makin bangkit dan semangat melawan sakit. Mohon doanya Allah menyembuhkan. Agar saya dapat lebih mengabdi negeri dan melayani masyarakat".