Betapa Besarnya Dosa Riba

 
Betapa Besarnya Dosa Riba

PERTANYAAN :

Assalamualaikum wr wb. Kepada kawan kawan yang mengetahui, tolong ditampilkan teks hadits di bawah ini bagaimana :

1.Luruskan shof, rapatkan pundak dan tutup celah, perlunak pundak  kalian untuk saudaramu dan jangan tinggalkan celah untuk syaithon.

2.Riba.  Dari Ibni Mas'ud Ra : bahwasanya Nabi SAW bersabda "Riba adalah 73 pintu, yang paling ringan adalah seperti orang yang berzinah dengan ibu kandungnya".  (HR Ibnu Majah, Hakim dan Al-Baihaqi , Sunan Ibnu Majah 2275, Al-Mustadrok 2/37, dan Syu'bul Iman 5519).

3.Sayidina Anas bin Malik berkata : Rosulullah SAW pernah  berkhuthbah di hadapan kami lalu menyebut riba dan menganggapnya sebagai  persoalan besar. Dan beliau bersabda "Sesungguhnya uang satu dirham  yang didapat oleh seseorang dari hasil riba, itu lebih besar dosanya di  sisi Allah dibanding 28 kali dosa zina  yang dilakukan orang tersebut. (HR Ibnu Abid Dunya dalam Ash-shamtu 175 dan Al-Baihaqi dalam Syu'abul Iman 5519). Terima Kasih.  

JAWABAN :

Wa'alaikum salam warohmatullahi wabarokatuh.

1. Hadits luruskan shof, rapatkan pundak dan tutup celah, perlunak pundak  kalian untuk saudaramu dan jangan tinggalkan celah untuk syaithon :

أَقِيْمُوْا  الصُّفُوْفَ وَحَاذُوْا بَيْنَ الْمَنَاكِيَ وَسَدُّوْا الخَلَلَ،  وَلَيِّنُوْا بِأَيْدِيْ إِخْوَانِكُمْ وَلاَ تَذَرُوْا فُرُجَاتِ  لِلشَّيْطَانِ، وَ مَنْ وَصَلَ صَفَّا وَصَلَهُ اللَّه وَ مَنْ قَطَعَ  صَفَّا قَطَعَهُ اللَّهُ

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN