Pemuda Sang Nahkota Bahtera Negeri ini

 
Pemuda Sang Nahkota Bahtera Negeri ini

LADUNI.ID, KOLOM- Sosok pemuda itu mereka di usia yang masih produktif ini merupakan masa pencarian jati diri, dari sini harus ada metode pendekatan interpersonal dan intrapersonal yang tepat dan bersahabat.

Hal ini seperti yang digambarkan dalam Al-Quran yang berbunyi: “Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia,  menyuruh kepada yang ma’ruf (kebaikan) dan mencegah dari yang mungkar…”(QS.Ali Imran [3]:110).

Disamping itu peran dari pemuda itu sendiri sangat menentukan dan kunci keberhasilan dan kesuksesan dalam mengimplementasikan nilai-nilai kemerdekaan negeri ini sebagaimana yang diimpikan oleh segenap lapisan masyarakat Indonesia.

Sosok generasi penerus bangsa yang berjiwa Qur’ani memiliki andil yang besar dalam membawa perubahan dan pelopor dalam segala lini kehidupan terutama perubahan akhlak dan moral para pemuda dan masyarakat Indonesia pada umumnya Indonesia.

Dengan ilmu dan akhlakul karimah yang berpedoman kepada nilai-nilai syariat, akan melahirkan pemuda harapan umat dan bangsa.

Hendaknya lahir sosok pemuda qur’ani akan mengerti dan memahami bagaimana menyelesaikan problematika dan fenomena yang dialami oleh generasi muda lainnya.

Walhasil pembangunan spiritual dan pola pikir (mindset) generasi muda lebih diutamakan dari pembangunan sarana dan prasarana seperti jembatan, sektor industri, gedung pencakar langit dan lain sebagainya,.

Sebuah pembangunan sarana dan prasarana negara yang maju dan modern, semua itu tidak berharga dan bernilai dibandingkan dengan hancur dan sirnanya pembangunan moral dan spiritual para generasi penerus bangsa.

Semoga generasi muda Indonesia mampu mentasbihkan diri menjadi sosok  pemuda yang mampu berkontribusi dalam mealisasikan nilai-nilai kemerdekaan di segala aspek dan lini kehidupan.

Kontribusi pemuda juga menjadikan para syuhada dan pejuang bangsa yang telah beristirahat di alam sana bisa tersenyum indah atas perjuangan mereka dulu.

Pengharapan terakhir  dengan peran dan andil pemuda, mampu untuk mewujudkan nusantara ini terlebih sudah 73 tahun berdikari menjadi negeri yang merdeka menjelma menjadi sebuah negari impian yang bermahkotakan emas bernama Baldatun Tayyibatun Warabbul Ghafur…!!! Semoga .

Amin ya rabbil ‘alamin

Masrur Salamuddin, MA,Tokoh  Pemuda Pidie Jaya 

Wallahu Al-Muwafiq Ila ‚Awamith Thariq

Wallahu ‘Allam Bishawab