Bulan Safar #18: Ilustrasi Bala dan Musibah

 
Bulan Safar #18: Ilustrasi Bala dan Musibah

LADUNI.ID,HIKMAH- Kelompok ulama salafatussaleh lebih detail mengatakan bahwa setelah tanggal satu Muharam (tahun baru Islam), seluruh catatan dan amaliah manusia baik maupun buruk diangkat ke langit dan diperhitungkan dengan seksama.

Amal yang baik dinaikkan ke langit dan ada kalanya diturunkan di bumi, sedangkan amal-amal jelek/buruk serta dosa-dosa manusia diturunkan kembali ke bumi, dibuang ke laut (ada yang mengatakan menjadi buaya-buaya dan binatang-binatang laut lainnya).

Tetapi lautan yang begitu luas tidak menampung banyaknya dosa-dosa tersebut, yang akhirnya meluber kedaratan menjadi berbagai penyakit, musibah, bala dan bencana. Hal ini terjadi secara serempak dan total pada hari Rabu di akhir bulan Safar.

Allah itu Maha Adil, sebagai pertimbangannya ada yang dinamakan rahmat, barakah, ada yang dinamakan hidayah, semua ini diturunkan pada waktu-waktu tertentu pula. Seperti pada bulan Rajab, Sya’ban, Ramadhan, Dzulhijjah dan Muharram.

Jelaslah bahwa Sang Khalik telah mengatur hukum keseimbangan yang sangat sempurna antara yang baik dan buruk dengan perbandingan 1 : 10, seperti yang dijelaskan di hadist bahwa kebaikan yang satu dibalas dengan sepuluh sedangkan kejahatan 1 dibalas satu.

***Helmi Abu Bakar El-Langkawi, Penggiat Literasi Asal Aceh