Jenazah Jurnalis Khashoggi Diduga Dilarutkan dan Dibuang ke Pipa

 
Jenazah Jurnalis Khashoggi Diduga Dilarutkan dan Dibuang ke Pipa

LADUNI.ID,TURKI - Jenazah Wartawan Arab Saudi Jamal Khashoggi diduga dibuang ke pipa saluran usai dibunuh dan dilarutkan dengan zat asam. Laporan ini diturunkan media propemerintahan Turki, Sabah, sebagaimana dikutip AFP, Sabtu (10/11).

Dalam laporan terbaru Sabah tersebut menyatakan kalau ada zat asam di pipa-pipa saluran di komplek Konsulat Saudi. Zat asam tersebut ditemukan dari sampel yang diambil dari pipa-pipa tersebut. Sebelumnya, tim penyelidik Turki juga menduga kalau jenazah Jamal Khashoggi dilarutkan sehingga menjadi cairan dan dibuang ke pipa-pipa.

Meski demikian, otoritas Turki dan Saudi belum memberikan tanggapannya atas laporan ini. Namun sebuah sumber yang dilansir Aljazeera, Sabtu (10/11), sebuah sumber mengungkapkan kalau polisi Turki menghentikan proses pencarian jenazah Jamal Khashoggi. Sementara itu, investigasi kriminal terhadap pembunuhan Jamal Khashoggi akan terus berlanjut. 

Dilaporkan sebelumnya bahwa tim penyelidik Turki menemukan cairan asam di kediaman Konsul Jendera Saudi Mohammad al-Otaibi di Istanbul. Rumah al-Otaibi sendiri hanya berjarak sekitar 200-300 meter dari gedung Konsulat.

Pada 2 Oktober lalu Jamal Khashoggi, seorang jurnalis asal Arab Saudi, tiba-tiba hilang ketika berkunjung ke Konsulat Arab Saudi di Istanbul Turki. Ia sengaja mendatangi kantor perwakilan Saudi di Turki tersebut untuk mengurus dokumen pernikahannya dengan Hatice, tunangannya asal Turki. 

Sejak awal kehilangannya, Turki menuduh kalau Jamal Khashoggi dibunuh di dalam gedung Konsulat. Pihak Arab Saudi menolak tuduhan tersebut. Namun akhirnya Saudi mengakui kalau Jamal Khashoggi memang terbunuh di dalam Konsulat.

Jamal Khashoggi merupakan jurnalis yang banyak mengkritisi kebijakan Saudi, terutama dalam hal kebebasan berpendapat, hak asasi manusia di Saudi, dan keterlibatan Saudi pada Perang Yaman.

Hingga hari ini pembunuhan Jamal Khashoggi sudah satu bulan lebih, akan tetapi keberadaan jenazahnya belum diketahui pasti dimana.