Dahsyatnya Fadhilah Memeluk Sang Buah Hati

 
Dahsyatnya Fadhilah Memeluk Sang Buah Hati

LADUNI. ID,  KESEHATAN-  Kita terkadang sering mengabaikan hal kecil salah satunya dalam mengurus bayi kita, yakni memeluk sang buah hati. Dalam dunia kesehatan disebutkan tidak ak hanya meningkatkan bonding, memeluk si bayi ternyata memperkuat sistem imun dan metabolismenya.

Agar tumbuh kembang bayi Mama optimal, maka Mama pasti memberikan segala hal terbaik untuknya. Mulai dari ASI, vaksin, hingga stimulasi yang paling tepat sesuai seusianya. Namun itu saja sepertinya belum cukup.

Menurut sebuah penelitian terbaru, ternyata optimalitas tumbuh kembang bayi Mama juga bisa dipengaruhi oleh sebanyak apa (atau sesedikit apa), ia menerima pelukan yang membuatnya nyaman.

Penelitian tersebut dipublikasikan di jurnal Development and Psychopathology, dan menekankan tentang pentingnya berpelukan, atau sekadar sering berdekatan dan memberikan kenyamanan untuk si Kecil.

Penasaran mau tahu info lebih lanjut mengenai penelitian ini? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Mulai Usia 5 Minggu

Tim penelitian dari University of British Columbia di Canada bekerja sama dengan orangtua dari 94 bayi, dan meminta mereka untuk rutin memeluk atau berdekatan dengan bayinya sejak usia mereka 5 minggu.

Para peneliti juga mencatat beberapa kebiasaan para newborn tersebut, mulai dari seberapa sering mereka tidur hingga intensitas menangis. 

Setelah 4,5 tahun, tim peneliti mengambil DNA mereka untuk menganalis modifikasi biokimia bernama DNA methylation, yang memengaruhi kematangan sel.

Menurut ScienceAlert.com, ini adalah “mekanisme epigenetik” yang berhubungan dengan fungsi gen. DNA methylation ini bisa dipengaruhi oleh banyak hal, mulai dari faktor eksternal hingga lingkungan, seperti berpelukan dengan orangtuanya