IPB Cetak Barista Melalui Sekolah Kopi untuk Mahasiswa

 
IPB Cetak Barista Melalui Sekolah Kopi untuk Mahasiswa

LADUNI.ID,Bogor - Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir Institut Pertanian Bogor (IPB) bekerja sama dengan Rumah Kopi Ranin mengadakan “Sekolah Kopi” untuk mahasiswa IPB baik program sarjana, vokasi maupun pascasarjana. Untuk angkatan pertama, ada sepuluh peserta yang sudah melalui seleksi administrasi, tes pengetahuan kopi dan uji citarasa. 

Mereka mendapatkan pelatihan dasar mengenai meracik kopi dari Tejo Pramono di Teaching Lab Gizi Masyarakat, Kampus IPB Dramaga, Bogor (10-11 dan 17-18/11). Semua peserta yang berasal dari mahasiswa IPB baik program sarjana, vokasi maupun pascasarjana mendapatkan beasiswa dari Rektor IPB, Dr. Arif Satria untuk mengikuti kegiatan ini.

Rektor IPB dalam sambutannya, menyampaikan bahwa era kini adalah eranya orang penyuka kopi dan barista adalah salah satu profesi yang bergengsi saat ini. IPB sebagai perguruan tinggi di ilmu pertanian dan pangan telah menginisiasi kursus untuk menjadi cupper dan peracik kopi. 

“Sekolah Kopi dapat menjadi ajang membangun komunitas belajar kopi, karena kopi memiliki value yang semakin bagus,” ujar Arif sebagaimana dilansir laman resmi IPB 

Para mahasiswa yang terseleksi mendapatkan materi pengetahuan dan praktik tentang citarasa dan aroma kopi (cupping) serta penyeduhan manual dan aneka kreasi penyeduhan. Dari penyeduhan kopi dengan alat French press hingga G60. 

“Minggu pertama kita ajari citarasa dan cupping, karena sensori sifatnya memerlukan keterampilan dan kepekaan sehingga harus diasah. Citarasa dan asal usul kopi menggambarkan karakter kopi yang dihadirkan di meja pelanggan," papar Tejo.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN