Mempererat Silaturahmi, Pagar Nusa Kabupaten Bogor Gelar Apel Bersama dan Ngopi (Ngobrol Pintar)

 
Mempererat Silaturahmi, Pagar Nusa Kabupaten Bogor Gelar Apel Bersama dan Ngopi (Ngobrol Pintar)

LADUNI.ID, Bogor - Gedung PCNU Kabupaten Bogor terlihat ramai. Sejumlah orang berpakaian serba hitam memenuhi halaman dan sisi ruangan gedung. Tampak pula apel pagi 'Silaturahmi Pagar Nusa, Pencak Silat dan elemen lain', pada Sabtu pagi, (24/11/2018). 

Ketua Pagar Nusa Bogor, Abah Didi panggilan akrabnya, mengatakan, pencak silat waktu sekarang ini sudah semakin diminati orang luar negeri.

"Pencak silat saat ini bukan hanga diminati kalangan Indonesia, bahkan sudah ke Mancanegara," terangnya.

Dia pun menekankan kalangan santri untuk menekuni bidang kesenian beladiri itu untuk menjaga diri dan Negara.

"Saat ini rongrongan dari berbagai penjuru sedang menghantui negara kita, maka wajib seluruh elemen masyarakat untuk turun menjaga dan melindungi tanah air NKRI ini," tegasnya.

Jangan sampai, lanjut Abah Didi, mereka yang tidak ada kontribusi sama sekali pada negeri ini berlagak seperti pahlawan.

"Mereka lantas berlagak bak pahlawan kesiangan ingin mengganti sistem kesepakatan yang jauh sebelum mereka datang sudah kita sepakati," ucapnya.

Sementara, pimpinan pencak silat Maung Pasundan yang turut hadir pada kesempatan itu mengulas sejarah persilatan Indonesia.

"Bahwa kita wajib melestarikan budaya pencak silat tanah air dan harus diajarkan kepada anak cucu kita," terangnya.

Selain itu, digelar juga 'Diskusi Ngopi (Ngobrol Pintar) yang diikuti Gus Michael, ketua Gusdurian Bogor Raya, Ki Gina ketua Garda NU, dan sejumlah pengurus PCNU Bogor.

Acara yang menjadi ajang silaturahmi antar elemen itu menyepakati, elemen masyarakat apapun latar belakangnya wajib untuk menjaga serta melindungi tanah air Indonesia sampai titik darah penghabisan.

Acara yang juga untuk mempererat silaturahmi dan ukhuwah persatuan rencananya akan berlanjut setiap bulannya diadakan dari pesantren ke pesantren lain.

 

(Hakim LTN Bogor/srf)