Sakit Kepala Pasca Makan, Ini Penyebabnya

 
Sakit Kepala Pasca Makan, Ini Penyebabnya

 

LADUNI.ID, IPTEK- Pernahkah kamu merasa sakit kepala beberapa menit setelah mengonsumsi makan siang yang enak? Kondisi tersebut memang menyebalkan dan bukan hal yang jarang.

Ada banyak penyebab keluhan sakit kepala setelah makan.

Terlalu banyak gula

Sulit menahan diri untuk tidak mengonsumsi makanan penuh gula bisa berujung pada rasa lesu, kembung, dan juga sakit kepala. Itu terjadi karena kadar gula darah naik dengan cepat dan turun lagi dengan cepat. Pada sebagian orang, hal ini menimbulkan hipoglikemia yang menyebabkan pusing, lemah, bahkan sedikit gemetar.

Makanan asin

 Mengasup makanan dengan kadar garam yang tinggi, termasuk mi instan, sosis dan daging olahan, bisa membuat kita sedikit sakit kepala. Kelebihan sodium (garam) akan meningkatkan volume darah, sehingga dibutuhkan lebih banyak ruang di pembuluh darah.

"Pembesaran pembuluh darah untuk mengakomodasi volume yang membesar itu bisa memicu sakit kepala," kata Medhat Mikhael, direktur medis di program non-operasi kesehatan tulang belakang.

 Intoleransi makanan

Sering mengalami gangguan pencernaan setelah mengonsumsi gluten atau pun produk susu? Kemungkinan besar kamu mengalami laktosa intoleran atau penyakit seliak. Dalam sebagian kasus, penyakit ini juga menyebabkan migrain.

Penyebab lain

Beberapa penyebab timbulnya sakit kepala seusai bersantap adalah konsumsi makanan yang mengandung banyak bahan tambahan seperti MSG, nitrat, atau pun alkohol. Makanan dengan tambahan zat-zat tersebut bisa menyebabkan meningkatnya aliran darah ke otak. Efek sampingnya adalah migrain.

Sumber; kompas.com