Asing Tak Masuk UMKM

 
Asing Tak Masuk UMKM

LADUNI.ID, NASIONAL-Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat tak meragukan komitmennya terhadap pengembangan UMKM. Pernyataan ini disampaikan Jokowi menanggapi polemik kebijakan relaksasi Daftar Negatif Indonesia (DNI) yang mengizinkan asing bisa masuk 100% ke 25 bidang usaha, termasuk di dalamnya UMKM.

Jokowi menegaskan dia dan keluarganya tumbuh dari UMKM. Bahkan anak-anaknya juga terjun ke UMKM.di acara penutupan Rapimnas Kadin, di Hotel Alila, Solo, Jawa Tengah, Rabu (28/11/2018).

Asing Tak Masuk UMKM

Saat penutupan Rapimnas Kadin tersebut, Jokowi menegaskan UMKM dikeluarkan dari kebijakan relaksasi Daftar Negatif Investasi (DNI). Melalui kebijakan relaksasi DNI itu pemerintah membuka 25 sektor bidang usaha untuk investor asing hingga 100%, dan bidang usaha itu termasuk UMKM. Rencananya kebijakan diatur melalui Peraturan Presiden (Perpres).

Cuma, Jokowi menegaskan, rincian aturan relaksasi DNI itu belum ditandatangani.

"Barangnya itu belum sampai ke Istana Perpresnya belum saya tandatangani. Jadi tidak perlu ragu, saya pastikan akan saya keluarkan UMKM ini dari relaksasi DNI. Saya putuskan di sini, sudah," ujar Jokowi.

Keputusan Jokowi ini menjawab keluhan Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan P. Roeslani dan Ketua umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi).

"Kalau sudah ketua KADIN dan HIPMI yang ngomong siapa lagi yang mau saya dengar? Nanti begitu masuk ke Istana ya sudah saya lihat, coret," kata Jokowi.

 

Sumber;detik.com