Mengenal Rufaidah, Tokoh Keperawatan dalam Dunia Islam

 
Mengenal Rufaidah, Tokoh Keperawatan dalam Dunia Islam
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: Laduni.ID

LADUNI.ID, Jakarta - Di mata dunia, Florence Nightingale merupakan legenda keperawatan yang menjadi panutan di seluruh dunia. Pada saat itu, pekerjaan sebagai perawat belum dianggap sebagai suatu pekerjaan yang bergengsi sebab dunia keperawatan hanya dianggap sebagai tugas harian bagi perempuan. Dengan demikian, semua perempuan pun dianggap bisa melaksanakan tugas sebagai perawat. Namun pada tahun 1853-1856, Florence Nightingale yang berasal dari keluarga kaya raya pun muncul dan menerapkan standarisasi dalam dunia keperawatan.

Sejak saat itu, Florence Nightingale dianggap sebagai tokoh besar dalam ilmu keperawatan dunia. Flonrence Nightingale bahkan dianggap sebagai tokoh perempuan yang menjadi pelopor ilmu keperawatan modern dan diagung-agungkan di seluruh dunia. Namun tahukah Anda, bahwa 1400 tahun sebelumnya umat Islam justru telah memiliki seorang perawat perempuan yang tangguh dan humanis? Bahkan perempuan tersebut menjadi perawat muslimah pertama di dunia yang membawa banyak perubahan.

Lalu siapakah perawat muslimah pertama di dunia yang tercatat dalam sejarah Islam? Perempuan yang melaksanakan tugas mulia sebagai perawat pertama tersebut adalah Rufaidah binti Sa’ad. Sayangnya banyak perawat-perawat Islam yang tidak mengenal Rufaidah binti Sa’ad dan justru hanya mengenal Florence Nighttingale, tokoh keperawatan asal Inggris. Padahal Rufaidah binti Sa’ad telah berkiprah di dunia keperawatan jauh sebelum Florence Nighttingale dilahirkan.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

Masuk ke Laduni