Kiai Marzuki Ingatkan Jangan Mudah Percaya Ustad Medsos

 
Kiai Marzuki Ingatkan Jangan Mudah Percaya Ustad Medsos

LADUNI.ID,Surabaya - Ketua Tanfidziyah PWNU Jawa Timur Kiai Marzuki Mustamar mengingatkan agar jangan sampai lupa diri dan mencampakkan begitu saja para kiai-kiai atau ustad yang telah mendidik kita sejak kecil. Menurutnya Kiai adalah pihak yang paling berjasa dalam pendidikan keagamaan seseorang. Bahkan peran kiai tidak hanya mengajarkan ilmu tetapi juga mendidik umat Islam Indonesia menjadi Muslim yang ramah dan berakhlak.

“Dholim sekali, ketika kiai atau ustad yang telah mendidik anda bertahun-tahun, kemudian anda campakkan hanya karena anda tertarik tampilan ustad tertentu sekali dua kali. Masak, kumpul bertahun-tahun dengan kiai sampai alim, hati lalu berpindah pada orang yang baru anda kenal di medsos,” jelas kiai Marzuki sebagaimana ceramahnya dalam Aswaja Sunda.

Kiai Marzuki menambahkan bahwa ustad-ustad yang bermunculan di media sosial tidak lantas langsung dijadikan sebagai acuan dalam beragama. Hal itu karena medsos tidak bisa menjelaskan apakah seseorang itu benar-benar alim atau hanya mampu menghipnotis masyarakat melalui buaian kata-kata semata. 

"Kita tidak tahu keseharian orang itu, apakah orang itu wara’, bagaimana akhlaknya, bagaimana tahajjudnya dan lain-lain tentang kehidupannya. “Orang itu tahajjudnya anda tidak tahu, akhlaknya sehari-hari anda juga tidak tahu, kealimannya anda tidak tahu. Kalau anda buang gurumu, hanya karena ustad medsos, konyol,” tandasnya