Ziarah di Makam KH. Muhammad Yusuf Hasyim, Sang Jenderal Sejati dari Pesantren

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah di Makam KH. Muhammad Yusuf Hasyim, Sang Jenderal Sejati dari Pesantren

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - KH. Muhammad Yusuf Hasyim beliau adalah pengasuh pesantren Tebuireng dan ulama besar dari Jombang yang sangat berjasa besar dalam melawan penjajahan Belanda, pada usia 16 tahun beliau telah bergabung laskar Hizbullah, pada awal tahun 1945.

Ketika resolusi jihad lahir, disusul dengan meletusnya peristiwa 10 Nopember 1945 di Surabaya, Beliau terpilih menjadi komandan kompi laskar Hizbullah Jombang.

Dalam peristiwa Madiun 1948, KH. Muhammad Yusuf Hasyim menjadi salah satu komandan tempur yang berada di garis depan, beliau bersama pasukannya berhasil menyelamatkannya beberapa tokoh penting yang diculik PKI, seperti Kapten Hambali, KH. Ahmad Sahal, dan KH. Imam Zarkasyi, pengasuh pondok pesantren Gontor Ponorogo. Saat itu beliau terjun bersama kakak beliau, KH. Kholik Hasyim.

Raden Fatah adalah pendiri dan raja Demak pertama dan memerintah tahun 1500-1518.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Minggu, 22 Februari 2015 - 05:00 WIB oleh Nurcholis dengan judul "Raden Fatah, Khalifah untuk Tanah Jawa". Untuk selengkapnya kunjungi:
https://daerah.sindonews.com/berita/966564/29/raden-fatah-khalifah-untuk-tanah-jawa?showpage=all#:~:text=Adipati%20Raden%20Fatah%20alias%20Jin,dan%20memerintah%20tahun%201500%2D1518.

Untuk membaca berita lebih mudah, nyaman, dan tanpa banyak iklan, silahkan download aplikasi SINDOnews.
- Android: https://sin.do/u/android
- iOS: https://sin.do/u/ios

Profil

KH. Muhammad Yusuf Hasyim atau yang kerap dipanggil dengan Pak Ud lahir pada 3 Agustus 1929, di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang. Beliau merupakan anak terakhir dari sepuluh bersaudara, dari pasangan Hadratussyekh KH. Hasyim Asy’ari dan Nyai Nafiqoh. 

Guru-guru beliau di antaranya:

  1. KH. Munawar Sedayu
  2. KH. Ali Ma’sum

Untuk kelanjutannya tentang Profil beliau silahkan baca di Biografi KH. Muhammad Yusuf Hasyim

Lokasi Makam
KH. Muhammad Yusuf Hasyim dimakamkan di komplek pemakaman keluarga Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur.

 

Motivasi Ziarah Menurut Syekh An Nawawi al Bantani
1. Untuk Mengingat mati dan Akhirat
2. Untuk mendoakan
3. Untuk mendapatkan keberkahan
4. Memenuhi hak ahli kubur yang diziarahi, seperti ke makam orang tua

 

Fadilah
Makam KH. Muhammad Yusuf Hasyim  banyak dikunjungi para peziarah. Tak hanya datang dari wilayah Jombang saja. Banyak peziarah yang datang dari luar kota dan bahkan dari luar Jawa yang makam beliau berada di Komplek pemakaman keluarga pesantren Tebuireng Jombang.

Ada keyakinan dari masyarakat yang datang ke sana bahwa dengan berziarah, berdoa dan bertawassul di makam KH. Muhammad Yusuf Hasyim, maka akan diberi kemudahan meningkatkan derajat, diberi kemudahan dalam mencari mata pencaharian. Karena itu tak jarang yang datang ke sana adalah orang-orang dari golongan pejabat. Selanjutnya bagi para pelajar dan santri maka diber kemudahan dalam belajar menuntut ilmu.

Oleh-oleh
Oleh-oleh yang bisa dibeli dan dibawa pulang usai ziarah di Jombang di antaranya:
Onde-Onde Kacang Merah, Bolu Plemben, Tahu Pong, Jambu Bol Gondang Manis, Kerupuk Beras, Jenang Kelapa Muda, Manik-manik Kaca, Brondong Ketan, Pia Kacang Ijo.