Buletin Jumat Laduni.ID Edisi 23

 
Buletin Jumat Laduni.ID Edisi 23
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID

Buletin Jumat Laduni.ID resmi untuk dicetak jarak jauh.

Laduni.ID, Jakarta - Orang-orang yang beriman adalah orang-orang yang mempercayai Allah dan rasul-Nya, diwujudkan dalam tiga komponen, yaitu (1) meyakini dalam hati, (2) mengikrarkan dengan lisan, dan (3) merealisasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Keimanan memiliki enam rukun, yaitu (1) beriman kepada Allah, (2) beriman kepada para malaikat, (3) beriman kepada kitab-kitab Allah, (4) beriman kepada para nabi dan rasul, (5) beriman kepada hari akhirat, dan (6) beriman kepada qada dan qadar Allah s.w.t..

اِنَّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَهَاجَرُوْا وَجَاهَدُوْا بِاَمْوَالِهِمْ وَاَنْفُسِهِمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَالَّذِيْنَ اٰوَوْا وَّنَصَرُوْٓا اُولٰۤىِٕكَ بَعْضُهُمْ اَوْلِيَاۤءُ بَعْضٍۗ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَلَمْ يُهَاجِرُوْا مَا لَكُمْ مِّنْ وَّلَايَتِهِمْ مِّنْ شَيْءٍ حَتّٰى يُهَاجِرُوْاۚ وَاِنِ اسْتَنْصَرُوْكُمْ فِى الدِّيْنِ فَعَلَيْكُمُ النَّصْرُ اِلَّا عَلٰى قَوْمٍۢ بَيْنَكُمْ وَبَيْنَهُمْ مِّيْثَاقٌۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌ (٧٢)

 “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad dengan harta dan jiwanya pada jalan Allah dan orang-orang yang memberikan tempat kediaman dan pertoIongan (kepada orang-orang Muhajirin), mereka itu satu sama lain lindung-melindungi. Dan (terhadap) orang-orang yang beriman, tetapi belum berhijrah, maka tidak ada kewajiban sedikitpun atasmu melindungi mereka, sebelum mereka berhijrah. (Akan tetapi) jika mereka meminta pertolongan kepadamu dalam (urusan pembelaan) agama, maka kamu wajib memberikan pertolongan kecuali terhadap kaum yang telah ada perjanjian antara kamu dengan mereka. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan”. (QS. Al-Anfal, 08:72).

Berhijrah pengertiannya menurut bahasa adalah berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Pengertian syariatnya, berhijrah memiliki dua makna, yang pertama hijrahnya Nabi bersama para sahabatnya dari mekkah ke Yatsrib (Madinah) dalam rangka menegakkan dan memperkuat ajaran agama. Pengertian syariat yang kedua adalah berpindahnya seorang muslim dari sikap tercela menuju sikap yang terpuji, dari keburukan menuju kebaikan, dari yang munkar menuju yang ma’ruf, dari yang batil menuju yang haq.


_______________________________________________

Buletin Jum’at  laduni.ID edisi 23 file PDF bisa dibaca dan DOWNLOAD DI SINI

Simak biografi KH. Maimoen Zubair

Simak juga inovasi Laduni.ID dalam menampilkan grafis chart silsilah murid beliau Di SINI