Buletin Jumat Laduni.ID Edisi 25

 
Buletin Jumat Laduni.ID Edisi 25
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID

Buletin Jumat Laduni.ID resmi untuk dicetak jarak jauh.

Laduni.ID, Jakarta - Saat ini kita sedang berada di Bulan Rabi’ul Awal, yaitu bulan dilahirkannya manusia paling agung nan sempurna, sang kekasih Allah SWT, sang pemberi syafa’at di hari akhir kelak yaitu Baginda Rasulullah Muhammad SAW. Sebagai umat yang sangat mencintai dan mengharapkan syafa’atnya kelak, sudah sepatutnya kita memanjatkan rasa syukur kepada Allah SWT atas kelahiran beliau dengan cara memperbanyak amal kebaikan seperti membaca Al-Qur’an, bershalawat, bersedekah, bersilaturahim, saling berbagi kasih sayang, dan yang paling utama adalah meneladani perjalanan hidup Rasulullah SAW.

Rasulullah SAW merupakan rahmat bagi seluruh alam tanpa terkecuali yang diberikan oleh Allah SWT. Seluruh sikap dan perilakunya adalah suri tauladan bagi seluruh umat manusia yang harus diikuti. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al-Anbiya ayat 107:

وَمَآ اَرْسَلْنٰكَ اِلَّا رَحْمَةً لِّلْعٰلَمِيْنَ

“Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam”

Salah satu teladan yang harus kita ikuti dan kita dakwahkan kepada seluruh umat manusia adalah tentang kecintaan Rasulullah SAW terhadap tanah airnya. Kecintaan Rasulullah SAW terhadap tanah airnya (Makkah) diungkapkan dalam sebuah hadis dari Ibnu Abbas RA dalam Riwayat Ibnu Hibban.

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَا أَطْيَبَكِ مِنْ بَلْدَةٍ وَأَحَبَّكِ إِلَيَّ، وَلَوْلَا أَنَّ قَوْمِي أَخْرَجُونِي مِنْكِ، مَا سَكَنْتُ غَيْرَكِ

“Dari Ibnu Abbas RA ia berkata, Rasulullah SAW bersabda: Alangkah baiknya engkau (Makkah) sebagai sebuah negeri, dan engkau merupakan negeri yang paling aku cintai. Seandainya kaumku tidak mengusirku dari engkau, niscaya aku tidak tinggal di negeri selainmu”

_______________________________________________

Buletin Jum’at  laduni.ID edisi 25 file PDF bisa dibaca dan DOWNLOAD DI SINI
Simak biografi KH. Abdul Wahid Hasyim
Simak juga inovasi Laduni.ID dalam menampilkan grafis chart silsilah murid beliau Di SINI