Buletin Jumat Laduni.ID Edisi 26

 
Buletin Jumat Laduni.ID Edisi 26
Sumber Gambar: Dok. LaduniID

Buletin Jumat Laduni.ID resmi untuk dicetak jarak jauh.

Laduni.ID, Jakarta - Nabi Muhammad Saw merupakan sosok yang memiliki peran yang sangat penting bagi umat Islam sebagai musyarri‟, mubayyin, dan panutan, menjadikan setiap tutur dan lakunya adalah teladan bagi para umat. Di hari kelahiran Nabi pada bulan Rabi’ul Awwal mayoritas muslim kemudian mengadakan majelis-majelis khusus untuk merayakan peringatan maulid Nabi dalam rangka mengingat kembali jasa-jasa beliau dengan memanjatkan sholawat, mengadakan majlis ilmu, dzikir dan pembacaan al Qur’an demi memohon syafaat kepadanya.

Menurut Nico Kaptein, Maulid Nabi adalah satu dari tiga hari raya muslim yang utama. Peringatan maulid ini diadakan hampir di seluruh wilayah muslim di dunia dengan berbagai variasi kegiatan dan acara sesuai dengan tradisi dan kebiasaan wilayah masing-masing. Dalam perayaan maulid yang terpenting dan perlu diperhatikan adalah tentang bagaimana cara membuktikan cinta kita kepada Baginda Nabi Muhammad SAW. Sehingga kita dapat mengimplementasikan norma-norma kehidupan Rasullullah SAW dalam kehidupan kita, menelusuri sirah dan menjadikannya sebagai  uswah dan qudwah.

Perayaan maulid Nabi merupakan bentuk rasa cinta kepada Nabi. Ekspresi kecintaan dapat diwujudkan dengan berbagai hal, salah satunya adalah mensyukuri kelahiran Nabi Saw. dengan memanjatkan doa dan shalawat demi mengharap berkah dan syafaatnya. Keyakinan dasar ini yang kemudian mendorong mayoritas umat Islam untuk menggelar acara maulid Nabi. Seperti Hadis yang diriwayatkan Imam Tirmidzi yang artinya:

Barangsiapa mencintaiku, dan mencintai dua ini (Hasan dan Husain), dan ayah ibunya, ia akan bersama-sama denganku dalam satu derajat yang sama di hari kiamat. (HR. Tirmidzi). (hadis nomor 3733. Terdapat juga penguat dari HR. Ahmad dalam hadis no. 56)”

_______________________________________________

Buletin Jum’at  laduni.ID edisi 26 file PDF bisa dibaca dan DOWNLOAD DI SINI
Simak biografi Dr. KH. MA. Sahal Mahfudz


Simak juga inovasi Laduni.ID dalam menampilkan grafis chart silsilah murid beliau Di SINI