Buletin Jumat Laduni.ID Edisi 37: Kejujuran dan Kesabaran Ulama Tempo Dulu

 
Buletin Jumat Laduni.ID Edisi 37: Kejujuran dan Kesabaran Ulama Tempo Dulu

Buletin Jumat Laduni.ID resmi untuk dicetak jarak jauh
Laduni.ID, Jakarta - Dalam kehidupan beragama, kita patut mencontoh perilaku dan kehidupan orang-orang shaleh. Selain para Nabi dan sahabat, kita juga perlu meneladani para ulama salaf (generasi terdahulu) dalam memelihara kualitas keimanan dan kedekatan mereka kepada Allah SWT.

Hal ini penting kita lakukan, karena akhir-akhir ini banyak sekali kemungkaran yang dilakukan oleh sebagian masyarakat kita dan sama sekali tidak mencerminkan akhlak Islam. Salah satunya adalah praktik korupsi yang sudah sangat memprihatinkan di negeri ini. Semoga dengan berkaca pada kisah kehidupan para ulama terdahulu, kita bisa mengambil banyak pelajaran berharga.Di antara akhlak mulia yang bisa kita contoh dari ulama salaf adalah kesungguhan mereka dalam menjaga konsumsi makanan. Mereka begitu berhati-hati dalam melihat status makanan sebagai benda halal atau haram.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : إِنَّ اللهَ تَعَالَى طَيِّبٌ لاَ يَقْبَلُ إِلاَّ طَيِّباً، وَإِنَّ اللهَ أَمَرَ الْمُؤْمِنِيْنَ بِمَا أَمَرَ بِهِ الْمُرْسَلِيْنَ فَقَالَ تَعَالَى : ,يَا أَيُّهَا الرُّسُلُ كُلُوا مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَاعْمَلُوا صَالِحاً – وَقاَلَ تَعَالَى : , يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوا كُلُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ – ثُمَّ ذَكَرَ الرَّجُلَ يُطِيْلُ السَّفَرَ أَشْعَثَ أَغْبَرَ يَمُدُّ يَدَيْهِ إِلَى السَّمَاءِ ياَ رَبِّ يَا رَبِّ وَمَطْعَمُهُ حَرَامٌ وَمَشْرَبُهُ حَرَامٌ وَمَلْبَسُهُ حَرَامٌ وَغُذِّيَ بِالْحَرَامِ فَأَنَّى يُسْتَجَابُ لَهُ .[رواه مسلم]

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN