Ziarah di Makam Syech Muhammad Ali Kuala Tungkal, Mursyid Thariqah Jambi

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah di Makam Syech Muhammad Ali Kuala Tungkal, Mursyid Thariqah Jambi

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta -  Syech Muhammad Ali Tungkal atau KH. Muhammad Ali beliau adalah ulama mursid Thariqah Qodiriyyah Wa Naqsyabandiyyah (TQN) yang dibaiat oleh KH. Nawawi Berjan. selain sebagai mursid beliau juga adalah pengasu pesantren al Baqiyatush Sholihat Kuala Tungkal Jambi.

Selama masa kemursidannya, TQN yang dipimpin oleh Tuan Guru Ali ini berkembang sangat pesat, bahkan sampai ke luar negeri seperti Singapura, Malaysia dan India. Luasnya dakwah Tuan Guru Ali ini, menurut Kiai Chalwani disebabkan karena keberkahan wali mursid yang beliau sowani di Jawa sewaktu minta dibaiat.

Profil

 KH. Muhammad Ali Wahab adalah salah satu tokoh yang terkemuka di Kuala Tungkal, dan beliau juga disegani oleh masyarakat umumnya. Beliau adalah salah satu staf pengajar PHI dan juga sebagai Pengasuh Pondok Pesantren al Baqiyatush Sholihat Parit Gompong Kuala Tungkal. Beliau putra pertama dari empat bersaudara dari Tuan Guru A. Wahab (Alm) dan Hj. Ruqayyah (Almh), yang dilahirkan di Desa Pasar Arba Bram Itam Kanan Kuala Tungkal pada hari Sabtu tanggal 1 Maret 1934 bertepatan tanggal 11 Shofar 1354 H.

Beliau dididik dan dibesarkan ditengah tengah keluarga yang religius, sebab orang tua beliau adalah seorang ulama yang berpengaruh dan dikenal mempunyai ilmu agama yang dalam, selanjutnya beliau diasuh dan dibesarkan dibawah pengawasan ayahandanya sehingga beliaumenjadi orang yang mulia dan berjasa.

Guru-guru beliau:

1. Syech Abdul Wahab
2. KH. Nawawi Berjan

Lokasi Makam

Beliau wafat pada hari Ahad, 15 Mei 2011 M/ 11 Jumadil Akhir 1432 H di kota Jambi dan dimakamkan di komplek Pondok Pesantren al-Baqiyatushshalihat, Kuala Tungkal, Tanjung Jabung Barat.

Haul

Haul beliau diadakan tiap bulan Jumadil Akhir tanggal 11, haul beliau diadakan di Pondok Pesantren al-Baqiyatushshalihat, Kuala Tungkal, Tanjung Jabung Barat.

Motivasi Ziarah Menurut Syekh An Nawawi al Bantani

1. Untuk Mengingat mati dan Akhirat
2. Untuk mendoakan
3. Untuk mendapatkan keberkahan
4. Memenuhi hak ahli kubur yang diziarahi, seperti ke makam orang tua

Fadilah

Makam KH. Muhammad Ali Wahab banyak dikunjungi para peziarah dan santri. Tak hanya datang dari wilayah Jambi saja. Banyak peziarah yang datang dari luar kota dan bahkan dari luar Jawa yang berziarah di makam beliau yang berada di Komplek pemakaman pesantren .

Ada keyakinan dari masyarakat dan santri yang datang ke sana bahwa dengan berziarah, berdoa dan bertawassul di makam KH. Muhammad Ali Wahab, dimudahkan dalam mencari ilmu, dimudahkan dalam meraih cita-citanya bagi para santri, dimudahkan dalam mencari rezeki, dan dimudahkan dalam mendapatkan keturunan anak sholeh dan sholehah. 

Peninggalan

 1. Al-„Umdah fi „Adam Jawâz al-Ta‟khȋr al-Ihrâm ilâ al-Jiddah (Hukum Menunda Niat Ihram hingga di Jeddah)
 2. Fath al-Mubȋn fȋ Fidyat al-Shalât wa al-Shawum wa al-Yamȋn (Tata cara membayar fidyah shalat, puasa dan sumpah)
 3. Al-Mabâdȋ al-„Asyarah wa mâ Yalȋhâ fȋ al-Tharȋqah (Informasi tentang tarekat dan permasalahannya)
 4. Tajhȋz al-Mayyit (Penyelenggaraan Jenazah)
 5. Da‟wat alHaq (Ajakan kepada Kebenaran)
 6. Izhhâr al-Haq (Cara Zikir yang benar)
 7. Jilâ‟ al-Qulûb (Keutamaan Zikir, Landasan dan Esensinya)
 8. Tashawwuf bi Ma‟nâ al-„Amal Huwa al-Tharȋqah (Tasawwuf dalam Pengertian Praktik adalah Tarekat)
9. Al-Fatâwâ al-Tunkaliyyah (Koleksi Fatwa Kuala Tungkal yang menyangkut persoalan tauhid, fiqh dan tasawuf) 
10. Al-Nafahât alRahmaniyyah fȋ al-Washâyâ al-Dȋniyyah li Dzawȋ al-Qurbâ wa al-Mahramiyyah (Anugerah Kasih Sayang dalam Pesan Keagamaan untuk Kaum Kerabat dan Mahram) 

Oleh-oleh

Oleh-oleh yang bisa dibeli dan dibawa pulang usai ziarah di Jambi di antaranya:
Lempok Durian, Kue Padamaran., Dodol Kentang, Kue Srikaya, Pempek, Duku Kumpeh, Nasi Gemuk, Bolu Kojo Jambi.