Ziarah di Makam KH. Hamdani, Muasis Pesantren Al-Hamdaniyah Sidoarjo

 
Ziarah di Makam KH. Hamdani, Muasis Pesantren Al-Hamdaniyah Sidoarjo

 

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - KH.Hamdani dikenal sebagai pribadi yang Zahid tidak mementingkan kepentingan duniawi, „Abid Ahli ibadah, dan Waro’ berhati-hati dalam segala hal.

Profil

KH. Hamdani dilahirkan di Pasuruan pada tahun 1720 M, KH. Khamdani adalah putra Murrodani bin Suffyan bin Khassan Sanusi bin Sa‟dulloh bin Sakoruddin bin Mbah sholeh Semendi Pasuruan. Ayah KH. Khamdani bernama Syeh Haris keturunan dari Sayyid Hassan Sanusi (Mbah Soleh Somendi) Pasuruan.

Lokasi Makam

Setelah dirasa dua orang putranya sudah cukup mampu untuk melanjutkan perjuangan dan mengembangkan pendidikannya, KH. Khamdani kembali ke Pasuruan dan wafat disana pada tahun 1795, beliau dimakamkan tidak jauh dari makam Mbah Slagah Pasuruan. Sehingga masyarakat Pasuruan mengenalnya dengan sebutan mbah Panji yang datang dari Siwalanpanji, Dan pada tanggal 4 Juni 2012 makam KH. Khamdani di pindahkan dari Pasuruan ke "Makam Ulama‟ Siwalanpanji Buduran Sidoarjo, karena Makam KH.Khamdani di Pasuruan tidak kondusif lagi, karena tiba-tiba menjadi perumahan penduduk.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN