Ziarah di Makam KH. Ahmad Shodiq, Mursyid Tarekat Qadiriyah Wa Naqsabandiyah Lampung

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah di Makam KH. Ahmad Shodiq, Mursyid Tarekat Qadiriyah Wa Naqsabandiyah Lampung

 

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - KH. Ahmad Shodiq beliau adalah ulama kharismatik berasal dari Lampung Tengah, beliau adalah pendiri pondok pesantren Darussalamah Brajadewa, Lampung Tengah. KH. Ahmad Shodiq juga merupakan tarekat mursyid Qadiriyah Wa Naqsabandiyah yang semasa hidupnya,  dikenal memiliki dekat dengan banyak orang, salah satunya dengan Gus Dur.

Kharisma KH. Ahmad Shodiq terbukti dengan jumlah Santri di Pondok pesantren Darussalamah Braja Dewa di Lampung Timur mencapai ribuan santri.

Profil

KH. Ahmad Shodiq lahir di Kampung Jatisari, Kecamatan Kepung, Kawedanan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, 18 Juli 1927.  Ayahnya bernama Tarmuji, sedangkan ibunya Situn. 

Untuk kelanjutannya tentang Profil beliau silahkan baca di Biografi KH. Ahmad Shodiq

Guru-Guru Beliau
1. KH. Imam Faqih
2. KH. Adlan Ali

Lokasi Makam

Beliau wafat di Rumah sakit Urip Sumoharjo Bandarlampung, sekitar pukul 15.00 WIB setelah beberapa hari dirawat. Jenazahnya dimakamkan pada pukul 21.30, Jumat malam, 13 Juli 2018 di komplek masjid dan pesantren Darussalamah.

Haul

Haul KH. Ahmad Shodiq diadakan setiap tahun sekali di Pondok pesantren Darussalamah, Lampung Tengah. Haul beliau diperingati pada bulan Syawal untuk tanggal haul akan diberitahukan pihak keluarga besar Pondok Pesantren Darussalamah.

 

Motivasi Ziarah Menurut Syekh An Nawawi al Bantani

1. Untuk Mengingat mati dan Akhirat
2. Untuk mendoakan
3. Untuk mendapatkan keberkahan
4. Memenuhi hak ahli kubur yang diziarahi, seperti ke makam orang tua

Fadilah

Makam KH. Ahmad Shodiq banyak dikunjungi para peziarah dan santri. Tak hanya datang dari wilayah Lampung saja. Banyak peziarah yang datang dari luar kota dan bahkan dari luar Lampung yang berziarah di makam beliau yang berada di Komplek pemakaman keluarga Pesantren Darussalamah.

Ada keyakinan dari masyarakat dan santri yang datang ke sana bahwa dengan berziarah, berdoa dan bertawassul di makam KH. Ahmad Shodiq, dibukakan akal pikiran dan hatinya dalam menerima ilmu, dimudahkan dalam hajatnya, dan dimudahkan dalam mendapatkan jodoh, dimudahkan dalam mendapatkan keturunan anak sholeh dan sholehah

Peninggalan

Beliau adalah pendiri sekaligus pengasuh Pondok pesantren Darussalamah Lampung Tengah:
KH. Ahmad Shodiq mendirikan Pondok Pesantren Darussalamah sejak 1963. Hingga kini pondok yang berbasis salafi itu mengasuh  ratusan santri dari berbagai penjuru daerah.

 

Oleh-oleh

Oleh-oleh yang bisa dibeli dan dibawa pulang usai ziarah di Lampung di antaranya:
Pie Susu Pisang, Keripik Pisang, Sambal Lampung, Kerupuk Cumi, Sambal Goreng Udang, Bakso Sony, Dodol Pandan, Kemplang, Keripik Nangka, Engkak, Kopi Durian.