840 Startup Lahir di 2018, Indonesia Punya Banyak Milenial Berjiwa Pengusaha

 
840 Startup Lahir di 2018, Indonesia Punya Banyak Milenial Berjiwa Pengusaha

Laduni.id, Jakarta – Selama 2018, Industri startup dalam negeri terus bergeliat. Hal tersebut terindikasi dari adanya 840 startup yg dibuat oleh anak bangsa setahun lalu.

Vice President Strategy Digitraya, Nicole Yap, mengatakan ada sejumlah perusahaan rintisan yang sudah menerima pendanaan hingga miliaran dolar.

Seperti dikutip detik inet, Kebanyakan dari startup tersebut bergerak dibidang e-commerce, financial technology, solusi enterprise, pendidikan dan healthtech.

"Ada 46 startup dari 18 sektor industri mendapat pendanaan lebih dari USD 4 miliar," ujarnya di acara diskusi bertajuk 2019 Industry Insights: Exploring the Landscape of Indonesia's Digital Startup Economy di Menara Kibar, Jakarta, Rabu (30/1/2019).

Banyaknya startup yang lahir tahun lalu, kata Nicole, dipengaruhi sejumlah faktor. Paling utama tren anak muda yang ingin menjadi pengusaha.

"Sekarang ini hampir 70% milenial di Indonesia berkeinginan menjadi seorang entrepreneur," katanya.

Kondisi tersebut bakal menjadi-jadi melihat sejumlah potensi sepanjang 2019. Menurut Nicole, Asia Tenggara punya peran penting dalam rantai pasok global. Venture capital pun bakal menambah lagi dana yang bakal mereka investasikan.

"Jakarta akan menjadi ibu kota startup di Asia Tenggara menggantikan Singapura dilihat dari jumlah deal dan investasi," ungkpanya.

Lebih lanjut, Nicole turut mengumumkan format baru untuk program akselerator mereka di tahun 2019. Format baru ini diharapkan dapat menjangkau lebih banyak startup.

"Dengan senang hati kami memperkenalkan format baru dari program akselerator Digitaraya batch ke-2. Harapannya dapat menjangkau lebih banyak startup yang memiliki potensi tinggi serta dapat membuka koneksi mereka dengan para investor dan partner yang tepat. Sehingga dapat meningkatkan dampak yang lebih baik bagi Indonesia," jelas Nicole.