Membincang Fikih Kebahagiaan

 
Membincang Fikih Kebahagiaan
Sumber Gambar: Freepik, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Manakala aku diminta bicara soal Fikih Kebahagiaan, yakni kebahagiaan kolektif (As-Sa'adah Al-Jamai'yyah) untuk Indonesia Inklusi, maka aku bilang ia harus dibangun atas dasar ilmu pengetahuan dan keadilan. Ini sejalan dengan misi Nabi Muhammad SAW, sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur'an:

يُخْرِجُهُمْ مِنَ الظُّلُمَاتِ اِلَى النُّوْرِ

"Membebaskan manusia dari kegelapan menuju cahaya."

Kegelapan adalah kebodohan dan kezaliman. Cahaya adalah ilmu pengetahuan dan keadilan. Abu Bakar Ar-Razi, seorang filsuf muslim besar, mengatakan: "Tujuan tertinggi untuk apa kita diciptakan dan kemana kita diarahkan, bukanlah memeroleh kesenangan-kesenangan fisik, melainkan pencapaian ilmu pengetahuan dan mempraktikkan keadilan."

Lalu Imam Al-Ghazali (w. 1111 M), Hujjatul Islam, sang argumentator Islam, menulis dalam bukunya, At-Tibr Al-Masbuk fi Nashihah Al-Muluk,

وَفِى التَّوَارِيْخِ أَنَّ الْمَجُوس مَلَكَوا اَمْرَ الْعَالَمِ اَرْبَعَةَ آلافِ سَنَةٍ . وَكَانَتِ الْمَمْلَكَةُ فِيْهِمْ. وَإِنَّمَا دَامَتِ الَمَمْلَكَةُ بِعَدْلِهِمْ فِى الرَّعِيَّةِ وَحِفْظِهِمَ الْاُمُوْرَ بِالسَّوِيَّةِ. وَاِنَّهُمْ مَا كَانُوا يَرَوْنَ الظُّلْمَ وَالْجَوْرَ فِى دِيْنِهِمْ وَمِلَّتِهِمْ جَائِزاً. وَعَمَّرُوا بِعَدْلِهِمْ الْبِلَادَ وَاَنْصَفُوا الْعِبَادَ. وَقَدْ جَاءَ فِى الْخَبَرِ أَنَّ اللهَ جَلَّ ذِكْرُهُ اَوْحَى اِلَى دَاوُدَ عَلَيْهِ السَّلَام اَنْ أَنْهِ قَوْمَكَ عَنْ سَبِّ مُلُوكِ الْعَجَمِ فَإِنَّهُمْ عَمَّرُوا الدُّنْيَا وَأَوْطَنُوهَا عِبَادِى

“Sejarah dunia telah mencatat bahwa bangsa Majusi yang dalam praktik ritualnya menghadap api pernah menguasai dunia, empat ribu tahun lamanya. “Mengapa bisa begitu lama bertahan?”. Al-Imam menjawab sendiri: “Karena bangsa itu diperintah dan dipimpin oleh tangan-tangan yang adil dan orang-orang yang bekerja untuk kesejahteraan rakyatnya. Agama menurut mereka tidak membenarkan kezaliman dan penyimpangan. Ada sebuah hadits yang menyebutkan bahwa Allah menurunkan wahyu kepada Nabi Dawud, yang menyatakan: Hai Dawud, hentikan kaummu mencaci-maki raja-raja/para penguasa asing. Karena mereka telah berjasa memakmurkan kota dan melindungi hamba-hamba-Ku.”

Lalu aku bilang lagi, "Dan untuk mewujudkan keadilan ini kita harus merumuskan aturan-aturan hidup bersama dengan mendasarkan diri atas prinsip kesetaraan dan tujuh prinsip kemanusiaan universal ("Al-Kulliyyat As-Sab'u"). Yaitu Hifdhu An-Nafs (perlindungan atas hidup), Hifdhu Ad-din (perlindungan atas keyakinan), Hifdhu Al-'Irdh (perlindungan atas kehormatan diri/human dignity), Hifdhu Al-'Aql (perlindungan berpikir dan berekspresi), Hifdhu An-Nasl (perlindungan bereproduksi), Hifdhu Al-Mal (perlindungan atas hak milik) dan Hifdhu Al-Bi'ah (perlindungan lingkungan)."

Fikih Kebahagiaan pada tingkat lebih tinggi harus dibangun di atas prinsip relasi kesalingan. Syaikh Syams At-Tabrizi mengatakan:

لَقَدْ خُلِقَ هَذَا الْعَالَمُ عَلَى مَبْدَءِ التَّبَادُلِ

"Dunia ini diciptakan atas dasar kesalingan."

Hadis Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad menyebutkan:

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لأحدهم: أَتُحِبُّ الْجَنَّةَ ؟ قُلْتُ : نَعَمْ، قَالَ: فَأَحِبَّ لِأَخِيكَ مَا تُحِبُّ لِنَفْسِكَ

"Nabi mengatakan kepada salah seorang sahabatnya: 'Apakah kau ingin masuk surga? Ia menjawab: 'Benar'. Nabi berkata: 'Berikan dengan senang hati untuk sahabatmu apa saja yang engkau sendiri senang untuk dirimu.'"

Hadis tersebut menyiratkan makna berikut ini:

عَامِلِ النَّاسَ بِمَا تُحِبُّ اَنْ يُعَامِلُوْكَ

"Perlakukan orang lain dengan apa yang engkau ingin mereka memperlakukanmu."

Atau bisa kemudian dipahami dalam redaksi negatif berikut:

لَا تُعَامِلِ النَّاسَ بِمَا لَا تُحِبُّ اَنْ يُعَامِلُوْكَ

"Jangan perlakukan orang dengan apa yang engkau sendiri tidak ingin mereka memperlakukannya terhadapmu."

Terakhir aku sampaikan:

قَدْ تَكُونُ هُنَاكَ مَبَادِئُ أَخْلاَقِيَّةٌ كَثِيرَةٌ وَلَكِنْ أَسَاسُهَا وَاحِدٌ, وَهُو الْحُبُّ. وَهَذا الْحُبُّ مَبْعَثُ الْاَمَلِ وَالصَّبْرِ وَالْاِحْتِمَالِ وَالتَّسَامُحِ وَكُلِّ الْفَضَائِلِ. وَالْكَرَمُ وَالسَّمَاحَةُ وَالْاِحْسَانُ كُلُّهَا صَادِرَةٌ مِنَ الْحُبِّ.

"Meskipun ada banyak kode moral, akan tetapi dasar utamanya adalah cinta. Cintalah yang melahirkan harapan, kesabaran, ketabahan, toleransi dan semua moral baik. Penghormatan, toleransi dan berbuat baik, semua lahir dari cinta".

Maka, karena itu perhatikanlah petuah berikut ini:

اَحِبَّ كُلَّ اِنْسَانٍ تُصْبِحْ دَائِمًا بَيْنَ الْوَرْدِ وَالرِّيَاضِ

"Cintailah semua orang, niscaya engkau akan selalu berada di antara bunga mawar dan taman-taman surgawi". []


Catatan: Tulisan ini telah terbit pada tanggal 28 Februari 2019. Tim Redaksi mengunggah ulang dengan melakukan penyuntingan dan penyelarasan bahasa.

___________

Penulis: KH. Husein Muhammad

Editor: Hakim