Sungai Rasa Menjadi Tuan Rumah MTQ Sungai Kakap 2021

 
Sungai Rasa Menjadi Tuan Rumah MTQ Sungai Kakap 2021

LADUNI.ID, KUBU RAYA - Desa Sungai Rengas resmi terpilih sebagai tuan rumah MTQ (Musabaqah Tilawatil Quran) VII tingkat Kecamatan Sungai Kakap tahun 2021 mendatang. Keputusan itu didapati seusai Rapat Koordinasi antara Pemerintah Kecamatan Sungai Kakap, LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran) Kecamatan Sungai Kakap, pemerintah desa dan pengurus LPTQ se-Kecamatan Sungai Kakap yang berlangsung di Desa Punggur Kecil, Rabu, 6/3

Desa Sungai Rengas resmi terpilih setelah memperoleh 9 suara dari total 12 suara. Sungai Rengas menyisihkan dua desa lainnya, yakni Sungai Kakap yang meraih 2 suara dan Sungai Itik yang hanya meraih 1 suara. 

Ditemui usai terpilih, Kepala Desa Sungai Rengas Heri Kurniawan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan. Dirinya berujar bahwa pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan seluruh pihak yang terlibat supaya ajang pemuliaan kitab suci Alquran ini bisa terselenggara dengan sukses. 

“Pertama-tama kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh teman-teman kepala desa se-Kecamatan Sungai Kakap yang telah memberikan kesempatan kepada Desa Sungai Rengas sebagai tuan rumah MTQ VII tingkat Kecamatan Sungai Kakap. Setelah ditunjuk sebagai tuan rumah, kita akan melakukan rapat koordinasi bersama LPTQ Desa Sungai Rengas. Juga akan kita lakukan rembuk bersama tokoh masyarakat, pengurus BPD, LPM, kepala dusun dan seluruh pihak yang terlibat,” ujarnya saat ditemui di Punggur Kecil, Rabu (6/3/2019) sore.

Pada penyelenggaraan MTQ VII tahun 2021 mendatang, sambung Heri, pihaknya akan menampilkan sesuatu yang berbeda dibandingkan penyelenggaraan MTQ sebelumnya. Sesuatu yang berbeda tersebut ialah banyaknya atraksi kesenian yang akan ditampilkan pada upacara pembukaan dan penutupan. 

“Kita lebih ke arah kesenian yang kita tampilkan pada acara pembukaan maupun penutup sebagai pembeda,” terangnya.

Heri menambahkan bahwa pihaknya belum bisa memastikan jumlah cabang perlombaan yang akan dipertandingkan. Sebab kata dia, hal itu perlu dikoordinasikan lebih lanjut dengan LPTQ Kecamatan Sungai Kakap. Sama halnya dengan jumlah cabang lomba, waktu pelaksanaan pun dikatakannya juga masih tentatif.

“Adapun cabang-cabang lomba yang akan kita laksanakan belum bisa kita pastikan. Apakah tetap, ada pengurangan atau penambahan karena akan kita koordinasikan dengan LPTQ Kecamatan Sungai Kakap. Kalau untuk waktu pelaksanaan, kita belum dapat gambaran. Tergantung situasi dan kondisi lah. Karena kita perlu koordinasi lebih lanjut dengan LPTQ Kecamatan Sungai Kakap,” tuturnya.

Ditemui di tempat yang sama, Ketua LPTQ Kecamatan Sungai Kakap Adi Kusumajaya berharap MTQ VII yang bakal dilaksanakan di Desa Sungai Rengas nantinya dapat berlangsung lebih meriah dibandingkan MTQ sebelumnya. Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Desa Punggur Kecil ini juga menyatakan kesiapannya untuk mendukung penuh acara dua tahunan tersebut.

“Kami berharap kegiatan di Sungai Rengas nanti lebih meriah dan lebih sukses dibandingkan yang sekarang. Kami dari LPTQ dan seluruh kepala desa siap membantu. Karena keberhasilan penyelenggaraan MTQ tingkat Kecamatan Sungai Kakap merupakan wajahnya Kakap. Siapapun panitianya, kita pasti akan support,” tandasnya.