Supaya Husnul Khatimah, Jauhi Empat Hal Ini

 
Supaya Husnul Khatimah, Jauhi Empat Hal Ini

LADUNI.ID, Jakarta - Meninggal dalam situasi husnul khatimah adalah pilihan. Menjadikan kompilasi seseorang menjadi suul khatimah, menyebabkannya adalah ia yang tak memilih menjadi husnulkhatimah. Imam Suyuthi dalam  Syarh Sebagai Shudur memaparkan  penyebab seseorang menjadi suulkhatimah, adalah sebagai berikut:

Sebagian Ulama mengatakan, sebab-sebab yang menjadikan suul khatimah adalah empat perkara: menyepelekan urusan shalat, minum khamr, durhaka bagi kedua orang tua, dan menghabiskani saudara muslimin

Menyepelekan urusan shalat menjadi penyebab pertama dari seseorang yang suul khatimah. Shalat itu akan mencegah seseorang untuk melakukan tindakan keji dan mungkar. Jika shalatnya disepelekan, maka ia tidak akan mencapaimu pada jurang kehancuran, dan berakhirlah dengan suul khatimah.

Begitu pula dengan minum khamar, durhaka bagi seseorang dan terluka saudara seseorang muslim. Minum khamar pada katagori, minuman yang wajib diajuhi, sebab bisa menyebabkan kerusakan permanen pada memori dan kemampuan belajar.

Allah mengeluarkannya langsung dengan nas surat Al-Maidah ayat 90. Ketika ada orang yang mengatakan bahwa ia tidak akan bisa menyelesaikan masalah dengan minum khamr, maka sejatinya yang mengatakan itu bisikan setan yang terkutuk. Mulutnya mengatakan demikian untuk mencari pembenaran depan manusia, namun tidak dengan kebenaran.

Sementara durhaka untuk oeangtua dan terlukai saudara semuslim juga menyebabkan seseorang menjadi suulkhatimah. Jelas sudah sikap yang demikian bukan agama syari'at Islam. Jika terluka, dibuang, dibuang, atau durhaka, orang tua yang melahirkan dan merawatnya. Tentulah mengundang murka Allah dan menjadikannya suul khatimah.

(Sumber: islami.co)