Rukun Iman dan Penjelasannya dalam Agama Islam

 
Rukun Iman dan Penjelasannya dalam Agama Islam

Laduni.ID, Jakarta - Iman menurut etimologi (bahasa) adalah membenarkan, sedangkan dalam Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam Kitab Matan Arba'in Nawawi, pengertian iman adalah sebagai berikut:

أَنْ تُؤمِنَ بِالله، وَمَلاِئكَتِه، وَكُتُبِهِ، وَرُسُلِهِ، وَالْيَومِ الآَخِر، وَتُؤْمِنَ بِالقَدَرِ خَيْرِهِ وَشَرِّهِ

“Anda beriman kepada Allah, para malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, para rasul-Nya, hari Akhir, dan Anda beriman kepada takdir yang baik maupun yang buruk.”

Pengertian Hadits di atas menjelaskan tentang Rukun Iman yang berjumlah 6 yang wajib diimani oleh seluruh mu'min. Jika ada yang diingkari dari ke-6 Rukun Iman tersebut, maka iman kita tidak sah. Dari ke-6 rukun tersebut terdapat pengertian yang harus diketahui oleh seluruh mu'min.

1. Iman Kepada Allah SWT
Iman kepada Allah adalah rukun pertama yang wajib kita yakini. Yaitu kita meyakini bahwa tidak ada Tuhan selain Allah SWT yang layak disembah, kita harus meyakini bahwa Allah yang menciptakan alam semesta dan seluruh makhluk yang ada di langit dan bumi dan segala yang ada di dalamnya. Banyak ayat al-Qur'an yang menegaskan tentang eksistensi Allah SWT seperti dalam QS.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN