Apakah Benar Mengkomsumsi Kangkung Bisa membuat Seseorang Mengantuk ?

 
Apakah Benar Mengkomsumsi Kangkung Bisa membuat Seseorang Mengantuk ?

LADUNI.ID - Kangkung merupakan salah satu sayuran yang mudah dijumpai hampir diseluruh wilayah Indonesia. Untuk mengolahnya pun tidak dibutuhkan cara yang sulit sehingga menjadi makanan yang lezat dilidah.
Namun,  beredarnya rumor mengenai konsumsi kangkung bahwa makanan ini dapat menyebabkan ngantuk. Lalu benarkah hal ini bisa terjadi?

Kepercayaan bahwa mengkonsumsi kangkung dapat mendatangkan rasa kantuk, telah menyebabkan banyak orang menghindari sayuran ini khususnya pada siang hari. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Nutrifood Research Center mengatakan bahwa sampai saat ini belum ada bukti klinis yang membuktikan hal tersebut.

"Kangkung memang mengandung mineral kalium dalam jumlah yang banyak yaitu sekitar 175mg dalam satu cangkir kangkung. Zat ini mampu mengurangi tekanan darah. Seseorang menjadi lebih rileks dan tenang setelah mengkonsumsinya. Mungkin hal inilah yang kemudian akan membuat seseorang  mengantuk setelah mengkonsumsinya," terang penelitian ini.

Selain adanya kemungkinan tersebut, rasa kantuk juga bisa berasal dari nasi yang menyertai menu makanan seseorang.

"Nasi sangat tinggi dengan indeks glikemik yaitu zat yang mampu menaikkan kadar gula darah. Sehingga tak heran ketika kamu banyak makan nasi maka kamu pun merasa ngantuk dengan mudahnya," jelas penelitian ini.

Mengenai ngantuk tidaknya seseorang setelah mengonsumsi kangkung juga tergantung pada kondisi tubuh. Pasalnya, ada orang yang langsung merasa ngantuk setelah makan kangkung dan ada pula yang tidak.

Selain itu, perlu diperhatikan pula bahwa jumlah nasi yang dikonsumsi dan jam berapa memakannya. Jadi, berbagai hal lain ini juga perlu dicermati ketika seseorang dilanda rasa kantuk setelah menkomsumsi kangkung.