Pentingnya Penyegaran Gerakan dan Garis Komando NU

 
Pentingnya Penyegaran Gerakan dan Garis Komando NU

Pentingnya Penyegaran Gerakan dan Garis Komando NU

Oleh: Rais Aam PBNU, KH. Miftahul Akhyar

إِنَّ اللَّهَ يَبْعَثُ لِهَذِهِ الْأُمَّةِ عَلَى رَأْسِ كُلِّ مِائَةِ سَنَةٍ مَنْ يُجَدِّدُ لَهَا دِينَهَا

(رواه أبو داود والحاكم والبيهقي)

Menyongsong satu abad usia Jam’iyah Diniyah Islamiyah Nahdlatul Ulama, marilah kita ingat sabda Rasulullah SAW di atas. Bahwa sesungguhnya Allah SWT akan mengutus bagi umat ini pada setiap awal seratus tahun, orang-orang yang akan memperbarui atau menyegarkan bagi umat ini hal-hal yang terkait dengan urusan agama mereka.

Saat ini, dunia telah memasuki era Revolusi Industri 4.0. Marilah kita merenungkan dan merekontekstualisasi (i’âdah an-nadzar) apa yang salah dan apa yang benar dari perjalanan kita selama ini. Marilah kita renungkan juga nilai-nilai yang telah ditanamkan oleh para pendahulu kita dalam bingkai trilogi ukhuwah. Yakni ukhuwah Islamiyah (persaudaraan internal umat Islam), ukhuwah wathaniyah (persaudaraan kebangsaan) dan ukhuwah insaniyah/basyariyah (persaudaraan kemanusiaan). Kita bisa tambahkan juga ukhuwah nahdliyah di dalamnya.

Nilai-nilai itu bisa menjadi cerminan moral yang prima, agar dampak negatif pergeseran tatanan dunia tidak begitu berpengaruh dalam perjalanan anak bangsa di era Revolusi Industri 4.0 dan dalam rangka meraih manfaat bonus demografi. Kita tentu berharap, bonus demografi bukan justru menjadi musibah demografi.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

 

Tags