Segudang Manfaat Susu Untuk Jantung Kita

 
Segudang Manfaat Susu Untuk Jantung Kita

LADUNI.ID, Jakarta - Susu bukan hanya pelengkap makanan yang mudah dikonsumsi setiap hari, namun juga bermanfaat untuk menunjang kesehatan. Hal ini dikarenakan kandungan gizi lengkap yang terdapat dalam satu gelas susu, yakni karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Wageningen di Belanda menunjukkan bahwa konsumsi susu dan produk turunannya dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, susu merupakan sumber potasium, yang dapat meningkatkan vasodilatasi dan menurunkan tekanan darah. Vasodilatasi adalah pelebaran diameter pembuluh darah yang terjadi ketika otot-otot di dinding pembuluh darah mengendur (rileks).
Ya, meningkatkan asupan potassium dan mengurangi natrium dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Studi yang dilakukan di St. Thomas Hospital, di Tennessee, menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi 4.069 mg potasium per hari memiliki 49 persen risiko kematian akibat penyakit jantung iskemik yang lebih rendah dibanding mereka yang mengonsumsi sekitar 1.000 mg potassium per hari.

Selain itu, para peneliti dari Universitas Wageningen di Belanda juga menemukan bahwa susu dan produk susu lainnya membantu mengendalikan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Bahkan, menurut penelitian di Universitas Wageningen dan Harvard, minum tiga gelas susu setiap hari, mampu mengurangi risiko terkena penyakit jantung sebesar 18 persen. Hasil penelitian ini sekaligus membantah mitos yang menyatakan bahwa mengonsumsi susu setiap hari dapat mengakibatkan penambahan berat badan dan berujung pada munculnya serangan penyakit jantung, stroke, bahkan kematian.

Selain itu, ada beberapa vitamin yang terkandung dalam susu, seperti vitamin B1 yang bermanfaat untuk membantu dalam mengkonversi karbohidrat menjadi glukosa. Dari proses tersebut akhirnya akan menghasilkan energi untuk berbagai fungsi dalam tubuh. Vitamin B1 juga berperan penting untuk mempertahankan fungsi saraf dan kesehatan jantung. Ada juga vitamin C yang dapat menurunkan risiko terjadinya serangan jantung, dengan mencegah naiknya tekanan darah.

Walaupun demikian, dengan banyaknya jenis susu yang beredar di pasaran, nyatanya tak semua susu baik dikonsumsi untuk kesehatan jantung.Setiap orang perlu memilih jenis dan kandungannya yang sesuai dengan asupan gizi yang diperlukan untuk jantung. Menurut Mayo Clinic, membatasi lemak jenuh dalam diet dapat membantu mengurangi kadar kolesterol darah dan menurunkan risiko penyakit arteri koroner. Pasalnya, tingginya kadar kolesterol dalam darah dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri, yang disebut aterosklerosis.

Jadi, pilihlah jenis susu dan olahannya, seperti keju dan yoghurt yang memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah, namun tinggi protein. Pilihan ini bisa membantu melancarkan metabolisme tubuh dan menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan kolesterol. Salah satu diantaranya, Anlene Gold Plus, varian terbaru dari Anlene, bisa menjadi pilihan karena rendah kolesterol dan lemak jenuh, sekaligus tinggi protein. 

Semoga bermanfaat.