WNI di Tanzania Tetap Antusias Mencoblos Meskipun Terpisah 8.780 KM

 
WNI di Tanzania Tetap Antusias Mencoblos Meskipun Terpisah 8.780 KM

LADUNI.ID, Tanzania - Para WNI berbondong-bondong mencoblos surat suara di Tanzania dan Hungaria. Seperti dilansir dari Antara, sebanyak 94 WNI masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 di Tanzania, negara di Afrika Timur yang berjarak kurang lebih 8.780 kilometer dari Indonesia. Sebagian dari mereka mencoblos surat suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Dar es Salaam pada Sabtu (13/4).

Para WNI  merasa bahagia lantaran bisa menggunakan hak pilih. Salah satunya Indah Paramita, yaitu seorang WNI yang menggunakan hak pilihnya di TPS Dar es Salaam,


"Meskipun jauh dari tanah air, tetapi Pemilu 2019 tetap bergema karena di KBRI Dar es Salaam suasananya sangat Indonesia, kekeluargaan dan meriah," Ujar Indah.

kemudian,  Raksa Permana Ibrahim, Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) KBRI Dar es Salaam, juga mengatakan keamanan surat suara serta berbagai persiapan lainnya.

"Kami sudah memastikan bahwa hal-hal yang kami lakukan terpantau secara seksama melalui ketersediaan CCTV dalam pengawasan logistik serta surat suara yang berada di Dar es Salaam," papar Raksa.

Sejak pukul 08.00 hingga 18.00 waktu setempat, para WNI di Tanzania sudah mulai mencoblos. Penghitungan suara akan dilakukan pada 17 April, bersamaan dengan penyelenggaraan pemilu di Indonesia.

Selain Tanzania, pada hari yang sama, WNI di Hungaria juga menggunakan hak pilih. Mereka merayakan pesta demokrasi dengan PPLN Budapest yang memakai baju-baju tradisional daerah di Indonesia. Pemilu yang diselenggarakan di Budapest dimulai dari pukul 08.00 pagi hingga 18.00 sore. Para pemilih sangat antusias mengikuti pencoblosan tersebut.