Doa Pemilu dari KH. Cholil Bisri

 
Doa Pemilu dari KH. Cholil Bisri
Sumber Gambar: Istimewa, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Pemilihan Umum untuk memilih para pemimpin dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Lima pilihan sekaligus. Mulai dari Pemilihan Capres-Cawapres, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi hingga DPRD Kabupaten.

Hal tersebut, tentu memiliki kompleksitas tersendiri. Terutama dalam memilih calon legeslatif yang hanya berupa daftar nama. Pemilih yang berusia besar, tentu memiliki tingkat kesulitan tersendiri mencari nama di atas kertas yang lebarnya melebihi surat kabar itu.

Para politisi yang ikut berkontestasi pun tak sedikit yang ketar-ketir dibuatnya. Bisa jadi selama kampanye mereka berhasil meyakinkan para konstituen untuk memilihnya. Namun, pada hari pelaksanaan, coblosan para pemilihnya keliru. Bisa jadi keliru mencoblos kontestan lainnya atau malah tidak sah. Tentu ini akan menjadi kabar duka jika jumlahnya signifikan.

Untuk itu, di masa tenang ini, para kontestan jangan hanya menyerahkan masa depan pada timses yang gerilya di bawah tanah. Namun, juga panjatkan doa kepada Allah SWT.

Berikut ini ada doa yang diriwayatkan oleh KH. Cholil Bisri Rembang. Salah seorang kyai deklarator Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengijazahkan sebuah doa yang dianjurkan dibaca oleh 40 orang pada masa-masa menjelang Pemilu. Doa itu, lalu disebarluaskan oleh PCNU Banyuwangi untuk menghadapi Pemilu 2000 tempo hari.

Berikut teks doanya:

يَاحَيُّ يَاقَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ نَسْتَغِيْثُ اَغِثْنَا وَاصْلِحْ شَاءْنَنَا كُلَّهُ خُصُوْصًا فِي الْاِنْتِخَابِ الْعَامِّ وَلَا تَكِلْنَا اِلَى اَنْفُسِنَا طَرْفَةَعَيْنٍ يَااَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

"Wahai Dzat Yang Maha Hidup, Dzat Yang Maha Berdiri, dengan rahmat-Mu kami memohon pertolongan. Maka, tolonglah kami dan perbaikilah segenap keadaan kami, khususnya dalam perkara pemilihan umum. Dan janganlah Engkau serahkan kami pada diri kami sendiri, walau sekejap mata sekalipun."

Bagi para caleg, doa ini bisa dicoba. Siapa tahu dikabulkan hajatnya oleh Allah SWT. Coba lihat perolehan PKB pada Pemilu tahun 2000, cukup signifikan ternyata hasilnya. Di Kabupaten Banyuwangi bahkan keluar sebagai pemenang. Besar kemungkinan berkat doa tersebut. Selamat mencoba. []


Catatan: Tulisan ini telah terbit pada tanggal 16 April 2019. Tim Redaksi mengunggah ulang dengan melakukan penyuntingan dan penyelarasan bahasa.

___________

Penulis: Ayung Notonegoro

Editor: Hakim