Dampak Gula Merah dan Gula Putih Bagi Kesehatan

 
Dampak Gula Merah dan Gula Putih Bagi Kesehatan

LADUNI.ID, Jakarta -  Kesehatan merupakan investasi masa depan. Pola hidup yang baik sejak awal akan berpengaruh terhadap kesehatan di masa depan. Salah sat cara untuk menjaga kesehatan adalah dengan mengurangi konsumsi yang manis-manis. 

Makanan yang manis memang memiliki cita rasa yang enak sehingga diminati oleh banyak orang. Seperti jenis gula yang ditambahkan ke dalam kopi atau teh bisa berupa gula merah atau gula putih. Beberapa orang tampaknya lebih menyukai gula merah karena menganggap lebih baik untuk kesehatan. Sementara, menurut ahli nutrisi keduanya sama saja.

Shira Sussi MS, seorang pakar diet dan nutrisi dari Brooklyn menjelaskan bahwa terdapat dua jenis gula merah; yang berasal dari pabrik atau gula merah alami yang mempertahankan proses penyulingan dari gula putih. Keduanya memiliki persentase sukrosa, glukosa, fruktosa, mineral, dan air yang berbeda. Rasa dan teksturnya mungkin sedikit berbeda. Semakin gelap gula maka semakin kuat rasanya. Tetapi semuanya sama ketika dihubungkan dengan pengaruhnya terhadap kesehatan.

Sehingga perbedeaan gula merah dan gula putih hanya terletak pada proses penyulingannya saja. Akan tetapi, dampaknya bagi kesehatan sama saja. Karena asupan gula perhari tidak boleh lebih dari 50 gram.