Hari Ini, Jamaah Naqsyabandiah Padang Sudah Melaksanakan Ibadah Puasa Ramadhan

 
Hari Ini, Jamaah Naqsyabandiah Padang Sudah Melaksanakan Ibadah Puasa Ramadhan

LADUNI.ID, AGAMA-Pemerintah akan melakukan rukyatul hilal dan sidang isbat hari Minggu, (5/5/2019) untuk menentukan awal puasa Ramadhan. Namun seperti biasanya ada juga beberapa jamaah di belahan nusantara ini sudah menjadi tradisi berbeda awal Ramadhan dengan pemerintah, salah satunya jamaah tarekat Naqsyabandiah Padang.

Informasi yang dihimpum ratusan pengikut Jamaah Tarekat Naqshabandiyah di Padang, Sumatera Barat sudah mulai melaksanakan ibadah puasa Ramadhan 1440 Hijriah pada Sabtu, 4 Mei 2019.

Menanggapi fenomena tersebut, Mursyid Jamaah Tarekat Naqshabandiyah Surau Baitul Makmur, Syafri Malin Mudo di Padang, menyebutkan berdasarkan penghitungan yang dilakukannya 1 Ramadhan 1440 Hijriah bertepatan dengan 4 Mei 2019 sehingga hari ini pihaknya sudah mulai melaksanakan puasa pertama.

Menandakan awal Ramadhan, jamaah tarekat tersebut dalam pelaksanaan hari pertama puasa diawali dengan salat tarawih pada Jumat malam di Surau Baitul Makmur, Pasar Baru, Kecamatan Pauh, Kota Padang.

Musyid itu menambahkan, cara itu melakukan penetapan awal Ramadhan dilakukan dengan melihat bulan yang dilakukan sejak bulan Rajab dan Syaban. 

"Kami menggunakan metode hisab Munjid, dasarnya sejak tahun 16 Hijriah, jadi pada malam ke-8, ke-15 dan ke-22 bulan Rajab kami sudah melihat bulan," ujarnya.

Di Padang terdapat puluhan masjid dan mushala yang menjadi pusat peribadatan Jamaah Tarekat Naqshabandiyah. Masjid dan mushala tersebut tersebar di Kecamatan Pauh dan Kecamatan Lubuk Kilangan.

 

Selanjutnya, informasi yang dikutip dari beberapa sumber, fenomena itu telah berjalan lama dan ini sebagaimana di jelaskan salah seorang pengikut jamaah Naqshabandiyah, Leni, mengatakan ia sejak kecil sudah mengikuti tradisi yang ada di jamaah tersebut.

"Biasanya memang puasa lebih dahulu sekitar dua hari dibandingkan penetapan yang dilakukan pemerintah dan Lebaran juga lebih dulu", paparnya.