Doa Menyambut Ramadhan dan Melihat Hilal

 
Doa Menyambut Ramadhan dan Melihat Hilal

Doa Menyambut Ramadhan dan Melihat Hilal

LADUNI.ID, DOA-Salah satu bulan yang sangat dirindukan penduduk bumi bernama Ramadhan. Sosok tamu agung itu tidak lama lagi kita akan tiba., bulan yang   mulia itu akan segera menyapa kita.

Syahrul Mubarak "tamu agung" itu  membawa berbagai kebaikan dan keberkahan, menjanjikan rahmat dan ampunan. Pahala akan dilipat-gandakan. Doa dan munajat dikabulkan. Dosa-dosa akan dihapuskan. Dan segala segenap keutamaan lain yang dijanjikan. Tida ketinggalan, di dalamnya juga terdapat satu malam yang lebih baik daripada seribu bulan

Kita menyambutnya l, dianjurkan untuk membaca doa menyambut bulan suci ramadhan. Banyak sekali doanya, berikut beberapa doa menyambut bulan suci Ramadhan: .


اَللّٰهُمَّ سَلِّمْنـِي إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـي رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِي مُتَقَبَّلاً


Artinya: "Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan." (Latha-if al-Ma'arif, 148)

 Selanjutnya  doa Rasulullah SAW:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ، وَشَعْبَانَ، وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

"Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban. Dan jumpakanlah kami kepada bulan Ramadhan."

Selain itu, ketika bulan terlihat (hilal), kita juga dianjurkan untuk melafalkan doa yang dibaca oleh Rasulullah SAW. Doa tersebut yaitu:.

اللهُ أَكْبَرُ، اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالأَمْنِ (وفي رواية بِاليُمْنِ) وَالإِيمَانِ، وَالسَّلامِ وَالإِسْلامِ، وَالتَّوْفِيقِ لِمَا تُحِبُّ وَ تَرْضَى، رَبِّي (وفي رواية رَبُّنَا) وَرَبُّكَ اللَّهُ

Artinya: Allah maha besar. Ya Allah, jadikanlah ini bulan 'membawa' keamanan (lain riwayat keberuntungan), keimanan, keselamatan, keislaman, petunjuk bagi amal yang Kau suka dan restui. Tuhanku (Tuhan kami) dan Tuhanmu adalah Allah," (HR Ad-Darimi dan Ibnu Hibban).

Adapun Imam Ahmad dan Imam At-Tirmidzi merilis riwayat lain yang menyebutkan doa Rasulullah SAW saat melihat bulan dengan redaksi yang lebih singkat dari hadits riwayat Ad-Darimi dan Ibnu Hibban sebagai berikut:

اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالأَمْنِ وَالإِيمَانِ، وَالسَّلامَةِ وَالإِسْلَامِ، رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّهُ هِلَالُ رُشْدٍ وَخَيْرٍ

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah ini bulan 'membawa' keamanan, keimanan, keselamatan, keislaman. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah, wahai bulan petunjuk dan kebaikan," (HR Ahmad dan At-Tirmidzi)

Berajak dari itu mari kita perbanyak ibadah dan doa semenjak masuk bulan Ramadhan hingga seterusnya meraih ridha-Nya.

**Helmi Abu Bakar El-Langkawi, Dikutip dari berbagai sumber.