Metode Ampuh untuk Menjaga Kadar Cairan Tubuh Pada Saat Berpuasa

 
Metode Ampuh untuk Menjaga Kadar Cairan Tubuh Pada Saat Berpuasa

LADUNI.ID, Jakarta - Pada saat puasa kita memang membutuhkan asupan cairan  yang cukup ke dalam tubuh. Karena pada saat itu kita tidak makan dan minum lebih dari 12 jam. Apabila cairan tubuh tidak maksimal maka tubuh akan terasa lemah dan tidak bersemangat. 

Dengan berpuasa tidak berarti membuat seseorang menjadi malas untuk beraktivitas. Bahkan, dengan berpuasa kita memulai untuk menerapkan pola hidup yang sehat. 

Seperti dikutip dari Islamic Finder, terdapat beberapa hal yang bisa kita lakukan saat sahur dan berbuka untuk menjaga agar tubuh tetap memiliki kadar air yang cukup selama berpuasa. 

1. Perbanyaklah Minum Air Putih

Air putih merupakan air yang alami dan tentu saja tanpa pengawet, sehingga aman dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Pada umumnya, tubuh membutuhkan 2 liter air per hari. Dan saat berpuasa dapat mensiasatinya dengan meminumnya dan membaginya menjadi 2 bagian saat berbuka dan sahur agar tubuh tak kekurangan cairan selama berpuasa. 

2. Hindarilah Makan Asin

Makanan asin yang tinggi sodium dapat memicu rasa haus terutama ketika kita tengah berpuasa. Sehingga, lebih baik untuk mengurangi makanan yang berasin saat berbuka dan sahur. 

3. Makanlah Sayur dan Buah

Sayur dan buah memiliki banyak kandungan air dan serat sehingga sangat cocok dikonsumsi ketika berpuasa. Kedua makanan ini juga bertahan cukup lama di usus dan menjaga kadar air pada tubuh sehingga kamu tak bakal kehausan.


4. Hindarilah Jus dan Minuman Bergula

Konsumsi jus dan minuman manis lainnya memang menyegarkan ketika berpuasa. Namun sebaiknya kamu mengganti kedua jenis minuman tersebut dengan air putih karena kandungan gula yang tinggi pada keduanya bisa membuat kamu gemuk.

5. Makanlah Buah Kurma

Kurma merupakan buah yang mengandung segudang vitamin dan mineral. Sehingga sangat cocok dikonsumsi pada saat sahur dan berbuka. Kurma membuat cairan dalam tubuh tercukupi karena buah ini merupakan sumber alami glukosa yang membuat tubuh menyimpan cairan dan memenuhi energi pada tubuh.