Menjemput Keberkahan Ramadhan Via Iktikaf Sepuluh Akhir

 
Menjemput Keberkahan Ramadhan Via Iktikaf Sepuluh Akhir

LADUNI. ID, KOLOM-Bulan Ramadhan hanya tinggal beberapa hari lagi di fase sulus (sepertiga) terakhir Ramadhan.

Setidaknya dalam sepuluh terakhir ini kita terus meningkatkan produktivitas ibadah salah satunya 'itikaf di mesjid.

Perbuatan ini merupakan ibadah yang sangat giat di lakukan oleh babinsa nabi Muhammad Saw.Penjelasan tersebut sebagaimana di sebutkan oleh Syekh Ibnu Hajar Al Asqalani dalam karya beliau Bulughul Maram,  tentang hadist permasalahan i’tikaf.

Di ungkapkan dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa beri’tikaf di sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan hingga beliau diwafatkan oleh Allah. Lalu istri-istri beliau beri’tikaf setelah beliau wafat.. (HR. Muslim no. 1172).

Dalam pelaksanaan ibadah iktikaf ini, boleh berbicara perkara yang bukan ibadah, tapi kadang-kadang dan bukan terus-menerus. Sesuai dengan kebutuhan tidak berlebih-lebihan.

Namun esensial iktikaf tetap menggunakan waktunya untuk memperbanyak doa, dzikir, shalat  dan ibadah lainnya.

Setidaknya dengan beriktikaf di masjid kalaupun jatuh malam Lailatul qadr yang hanya satu malam saja dan itupun hanya saja ia malam yang tidak bisa dipastikan kita telah berada pada malam itu dalam ibadah.

Korelasi iktikaf Rasulullah Saw dengan sepuluh terakhir Ramadhan itu kemungkinan terjadinya lailatul qadar pada fase sepuluh akhir Hanya saja yang paling diharapkan dan terkhusus malam-malam ganjil, baik 29, 27 atau lainnya.

Maka hendaknya untuk bersungguh-sungguh pada malam-malam ini. Penjelasan ini dapat di pahami sebagaimana praktek Nabi Saw:

Barangsiapa menghidupkan malam kemuliaan (lalilatul qadr) didasari keimanan dan mengharap pahala dari Allah akan diampuni dari dosanya yang telah lewat.”

 

Dan berdasar ini jika seseorang ingin menemukan lailatul qadr maka disarankan untuk menghidupkan semua malam di bulan Ramadhan dengan ibadah. Juga mengutamakan sepuluh hari terakhir dengan kesungguhan, dan mengkhususkan malam ganjil dengan kesungguhan yang lebih. 


Sementara itu dalam hadist lain juga disebutkan bahwa nabi Muhammad Saw melakukan iktikaf di sepuluh terakhir Ramadhan, bunyinya:“Aku pernah melakukan i’tikaf pada sepuluh hari Ramadhan yang pertama. Aku berkeinginan mencari malam lailatul qadar pada malam tersebut. Kemudian aku beri’tikaf di pertengahan bulan, aku datang dan ada yang mengatakan padaku bahwa lailatul qadar itu di sepuluh hari yang terakhir. Siapa saja yang ingin beri’tikaf di antara kalian, maka beri’tikaflah.” Lalu di antara para sahabat ada yang beri’tikaf bersama beliau. (HR. Bukhari no. 2018 dan Muslim no. 1167).

Juga hadist lain yang di diriwayatkan dari Ibnu Umar bahwa r.a. bahwa  beberapa orang shahabat Nabi  SAW bermimpi melihat malam Lailatul qadr pada tujuh hari terakhir. Maka Rasulullah SAW bersabda,” Menurut dugaanku, kalian bermimpi pada tujuh hari terakhir. Barang siapa ingin mencari malam tersebut, maka carilah pada tujuh malam terakhir (Muttafaq Alaihi)

Pernyataannya, “pada tujuh malam yang terakhir” yakni pada  tujuh malam yang tersisa dari akhir Ramadhan. Dengan demikian permulaannya adalah malam 23. 

Namun para ulama berbeda pendapat dalam menentukan malam tersebut dengan berkesimpulan bahwa lailatul qadar pada  malam ganjil di sepuluh terakhir.Setidaknya sisa bulan Ramadhan ini kita pergunakan untuk beribadah, baik iktikaf maupun ibadah lainnya.

***Helmi Abu Bakar Ellangkawi