Kemungkinan Daftar Tarif Pembalasan Meksiko Tidak Termasuk Jagung A.S.

 
Kemungkinan Daftar Tarif Pembalasan Meksiko Tidak Termasuk Jagung A.S.

LADUNI.ID, Presiden AS Donald Trump telah berjanji untuk menerapkan putaran pertama tarif pada semua impor Meksiko minggu depan jika pemerintah Presiden Andres Manuel Lopez Obrador tidak membendung aliran sebagian besar migran Amerika Tengah yang ingin masuk ke Amerika Serikat.

Meksiko telah menyiapkan daftar produk A.S. yang dapat terkena sebagai pembalasan atas kemungkinan tarif administrasi Trump, dengan fokus pada negara-negara pertanian yang condong ke Republik tetapi tidak termasuk jagung, salah satu impor terbesar Meksiko, kata para pejabat pada hari Rabu.

Para pejabat Meksiko bertemu dengan rekan-rekan A.S. mereka untuk pembicaraan di Washington pada hari Rabu yang bertujuan mencapai kesepakatan untuk mencegah pengenaan tarif AS atas barang-barang Meksiko.

Empat pejabat pemerintah yang mengetahui situasi tersebut, berbicara dengan syarat anonim karena sensitivitas masalah ini, kata daftar itu, yang menurut tiga sumber disiapkan oleh kementerian ekonomi, ada di kantor Lopez Obrador.

Satu sumber mengatakan kantor presiden tidak membuat keputusan tentang tarif pembalasan.

Produk yang ditargetkan mirip dengan yang dijajarkan sebagai respons terhadap tarif baja dan aluminium Trump tahun lalu, dan pada dasarnya dirancang untuk memukul basis pemilihan presiden AS, menurut salah satu sumber.

Itu berarti fokus pada negara-negara yang memilih Trump pada 2016 di mana pertanian memainkan peran utama dalam ekonomi lokal, serta beberapa negara industri, termasuk Michigan, Pennsylvania, dan Ohio, sumber itu menambahkan.

Daftar yang diserahkan ke kantor presiden tidak termasuk jagung A.S, dua sumber mengatakan. Itu bisa berubah pada waktunya, salah satu sumber mencatat.

Industri peternakan Meksiko yang berkembang bergantung pada jutaan ton jagung kuning yang ditanam A.S. setiap tahun dan para pakar industri mengatakan akan sangat sulit untuk dengan cepat mengganti impor Amerika dengan jagung dari negara lain.

Para importir Meksiko telah memesan pengiriman 35.000 ton jagung Brasil, seorang analis industri mengatakan pada hari Rabu. Ini akan menjadi pengiriman pertama sejak Januari.

Sementara Meksiko swasembada dalam produksi jagung putih, yang digunakan untuk tortilla pokok negara itu, ia telah bergantung selama beberapa dekade pada impor jagung kuning untuk memberi makan sapi, babi dan ayam. Tarif jagung bisa menaikkan harga untuk berbagai bahan makanan Meksiko.

Baca Juga

1. Pembuat Mobil Meksiko Mulai Merasakan Dampak Ancaman Tarif Trump

2. Tidak Ada Perubahan yang Signifikan untuk Perundingan Dagang AS dan Meksiko

3. Meksiko Ingin AS Mengalihkan Pengalihan Dana untuk Mengatasi Lonjakan Migran

4. Penyuling A.S. Memperingatkan Trump, Tarif Meksiko Dapat Menyebabkan Harga Bahan Bakar Lebih Tinggi