Tgk. Abdul Wahab Seulimeum PUSA Vs Tgk. H. Abdul Wahab Seulimeum Ruhul Fata #3

 
Tgk. Abdul Wahab Seulimeum PUSA Vs Tgk. H. Abdul Wahab Seulimeum Ruhul Fata #3

LADUNI. ID, KOLOM-Sebagian orang memandang sejarah itu tidak terlalu penting sehingga para generasi muda penerus sekarang banyak yang mengabaikan sejarah bahkan tidak ingin tahu sejarah endatu. Padahal sejarah itu sangat penting. Siklus kehidupan didunia terkadang alur fenomena yang terjadi sering sama namun dilakoni oleh aktor yang berbeda sesuai dengan zamannya.

Mereka yang tahu dan memahami sejarah fenomena yang terjadi di jagad raya ini perbedaannya terletak pada pemain. Terkadang sebagian kita tidak teliti dalam memahami sejarah. Umpamanya saat disebutkan Tgk. Abdul Wahab Seulimum salah seorang ulama PUSA, mereka beranggapan ia adalah Tgk.  Abdul Wahab Seulimeum pimpinan dan pendiri Dayah Ruhul Fata Seulimeum ayahandanya Abon Seulimeum. Padahal jauh sangat beda bahkan kontradiksi dalam banyak hal termasuk pemahaman keagamaan dan lainnya.

Tgk. H. Abdul Wahab Seulimeum atau akrab disapa Abu Wahab Seulimeum merupakan ulama tarekat dan Salafiah Aceh yang masih berpegang kepada manhaj dayah tradisional pada umumnya dan lulusan Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga. Sedangkan Tgk Abdul Wahab Seulimeum satu lagi yang pernah menjadi Bupati Pidie itu berpaham pembaharuan dalam bahasa ekstrimnya dikenal dengan "Wahabi". Ia sealiran dengan Tgk. Daud Beureueh, Ali Hasymy, Said Abu Bakar dan lainnya serta tokoh utama ulama yang tergabung dalam PUSA.
.

Biografi Allahuyarham Syaikhuna Abu Wahab Seulimeum pendiri Dayah Darul Fata Seulimeum telah kita kupas pada edisi sebelumnya. Demi mengantisipasi kesalahan pahaman sebagian generasi kita terhadap sejarah, berikut kita paparkan biografi singkat Tgk. Abdul Wahab Seulimum PUSA.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN